Ingin Tahu Rencana SpaceX Elon Musk Terdekat? Kunjungan ke Antariksa Segera Hadir

Ingin Tahu Rencana SpaceX Elon Musk Terdekat? Kunjungan ke Antariksa Segera Hadir

--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) adalah perusahaan transportasi luar angkasa swasta Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk. Perusahaan ini telah mengembangkan keluarga roket Falcon dengan tujuan menjadi kendaraan peluncuran yang dapat dipakai ulang. 

Tujuan SpaceX adalah membangun teknologi yang diperlukan untuk menjadikan kehidupan multiplanet. Ini adalah pertama kalinya dalam 4 miliar tahun sejarah Bumi dapat mewujudkan tujuan tersebut dan melindungi cahaya kesadaran.

Pada bulan Februari 2022, Jared Isaacman dan SpaceX mengumumkan Program Polaris, sebuah upaya yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan penerbangan luar angkasa manusia dengan cepat, sekaligus mendukung tujuan penting di Bumi.

BACA JUGA:Niat Puasa Dzulhijjah 2024 Lengkap dengan Jadwalnya, Serta Qadha Ramadhan

Polaris Dawn, yang pertama dari tiga misi penerbangan luar angkasa manusia dalam program tersebut, ditargetkan untuk diluncurkan ke orbit paling lambat musim panas 2024. Selama misi lima hari tersebut, para kru akan melakukan Aktivitas Ekstravehicular pertama SpaceX (lebih dikenal sebagai EVA atau spacewalk) dari Dragon, yang juga akan menjadi spacewalk astronot komersial pertama. 

Yang akan mendukung kru selama perjalanan luar angkasa adalah pakaian EVA SpaceX yang baru dikembangkan , sebuah evolusi dari pakaian Aktivitas Intravehicular (IVA) yang saat ini dikenakan kru dalam misi penerbangan luar angkasa manusia Dragon. 

Semua penyempurnaan pada setelan EVA ini adalah bagian dari desain yang dapat diskalakan, memungkinkan tim untuk memproduksi dan menskalakan tipe tubuh yang berbeda seiring SpaceX berupaya menciptakan aksesibilitas yang lebih besar ke luar angkasa bagi seluruh umat manusia.

BACA JUGA:Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Minggu 16 Juni, Lebih Cepat 1 Hari dari Indonesia

Pada tanggal 14 Maret 2024, Starship berhasil lepas landas pada pukul 8:25 CT dari Starbase, Texas. Ke-33 mesin Raptor pada Super Heavy Booster berhasil dinyalakan dan menyelesaikan pembakaran durasi penuh selama pendakian, diikuti dengan pemisahan tahap panas yang berhasil. Ini adalah pendakian kedua yang berhasil dilakukan oleh booster Super Heavy, kendaraan peluncuran paling kuat di dunia. Pada pemisahan tahap, enam mesin Raptor tahap kedua Starship semuanya menyala dengan sukses dan menggerakkan kendaraan ke lintasan yang diharapkan, menjadi Starship pertama yang menyelesaikan pembakaran pendakian berdurasi penuh.

Booster kemudian terus turun hingga mencoba melakukan pendaratan, yang memerintahkan 13 mesin yang sama yang digunakan selama boostback untuk melakukan perlambatan akhir yang direncanakan untuk roket sebelum mendarat dengan lembut di dalam air, tetapi enam mesin yang mati di awal boostback terbakar dinonaktifkan dari upaya pembakaran pendaratan, meninggalkan tujuh mesin yang diperintahkan untuk menyala dengan dua mesin berhasil mencapai pengapian utama. 

Beberapa menit setelah Starship memulai fase pantainya, kendaraan mulai kehilangan kemampuan mengendalikan sikapnya. Starship terus menerbangkan lintasan nominalnya tetapi karena hilangnya kendali sikap, kendaraan tersebut secara otomatis memicu perintah yang telah direncanakan sebelumnya untuk melewatkan rencana penyalaan ulang satu mesin Raptor di orbit.

BACA JUGA:Kisah Tragis Bocah SD, Bersandar di Pagar Jembatan Jatuh ke JPO Tol Jatiasih dan Akhirnya Meninggal Dunia

Setelah uji terbang, SpaceX memimpin upaya penyelidikan dengan pengawasan dari FAA dan partisipasi dari Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) dan Dewan Transportasi dan Keselamatan Nasional (NTSB). Selama Penerbangan 3, tidak ada sistem keselamatan penerbangan otomatis kendaraan yang terpicu, dan tidak ada puing-puing kendaraan yang terkena dampak di luar area bahaya yang telah ditentukan sebelumnya. 

Peningkatan yang diperoleh dari uji penerbangan akan diluncurkan pada peluncuran berikutnya dari Starbase pada Penerbangan 4, saat mengalihkan focus dari mencapai orbit menjadi mendemonstrasikan kemampuan untuk mengembalikan dan menggunakan kembali Starship dan Super Heavy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: