Apa Sih Ciri Makanan dari Indonesia? Yuk Kenal 10 Makanan Khas Indonesia dan Temukan Rahasianya

Apa Sih Ciri Makanan dari Indonesia? Yuk Kenal 10 Makanan Khas Indonesia dan Temukan Rahasianya

--

5. Papeda

Papeda adalah makanan khas Indonesia dari Papua yang terbuat dari sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit sampai tekstur makanan berubah menjadi bubur. Bubur putih dengan tekstur lengket seperti itu terasa hambar. Sebagai pelengkap, makanan khas daerah Papua ini diberi ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

6. Mi Bangka, Provinsi Bangka Belitung

Mi Bangka atau dikenal juga dengan nama bakmi Bangka merupakan hidangan tradisional dari Provinsi Bangka Belitung. Kuliner ini biasanya ditambah dengan aneka topping seperti bakso sapi, udang, irisan ayam, dan lainnya.

7. Sate Lilit

Sate yang menjadi ikon dari kuliner Bali ini cukup mudah ditemukan di berbagai lokasi wisata, seperti di Badung, Denpasar, hingga Gianyar. 

Berbeda dari sate pada umumnya yang berupa tusukan potongan daging, sate lilit berbentuk gumpalan adonan yang terbuat dari daging yang membalut tusuk sate.

BACA JUGA:Bangun Tidur Semakin Sehat dengan Minum Air Putih, Berikut 7 Manfaatnya yang Baik Bagi Tubuh

8. Kaledo

Kaledo merupakan salah satu makanan khas daerah Sulawesi Tengah yang bisa kamu coba. Kaledo atau kaki lembu Donggala adalah makanan yang mirip seperti sop buntut, dan disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi. 

9. Rawon

Rawon adalah Sup daging dengan kuah kental berwarna hitam ini merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Timur. Warna hitam gelap pada rawon dihasilkan oleh kluwek dicampur dengan potongan daging sapi yang lembut. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, daun bawang, telur asin, dan daun kerupuk udang sebagai pelengkap.

10. Pecel sayur 

Pecel sayur adalah hidangan sayuran yang disajikan dengan saus kacang khas Indonesia. Biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, toge, kembang kol, bayam, dan kangkung, pecel sayur adalah pilihan makanan sehat yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: