Pengen Diet? Yuk Terapkan Pola Intermittent Fasting yang Aman Bagi Pemula, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Pengen Diet? Yuk Terapkan Pola Intermittent Fasting yang Aman Bagi Pemula, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Cara menerapka diet intermittent fasting.-Foto: Unsplash.com-

Intermittent fasting juga dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan jantung.

Berpuasa dalam kurun waktu tertentu (selama melakukan intermittent fasting) diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh. Hal ini membuat jantung dapat memompa darah secara optimal dan kesehatan tubuh pun akan terjaga.

Mengubah Fungsi Hormon, Gen, dan Sel

Ketika berpuasa, terjadi peningkatan pada kadar hormon pertumbuhan sekaligus penurunan pada kadar insulin. Selain itu, sel tubuh juga mulai proses regenerasi dan perbaikan sekaligus mengubah gen yang mereka perlukan.

Meningkatkan Kerja Otak

Kemudian, diet intermittent fasting yang dapat membantu meningkatkan kerja otak. Sebab, metode diet ini bisa mendukung terbentuknya saraf baru dan melindungi otak dari risiko kerusakan.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat lain yang tidak boleh kamu lewatkan dari teknik diet ini adalah membantu memperbaiki kualitas tidur.

Sebab, diet ini turut mengatur ritme sirkadian yang sangat penting dalam menentukan pola tidur. Ritme sirkadian yang teratur tentu  membuat kamu dapat terbangun dan tidur lebih baik.

BACA JUGA:

Cara Menerapkan Diet Intermittent Fasting

Terdapat beberapa teknik yang bisa kamu coba dalam menerapkan diet intermittent fasting sesuai dengan durasi puasanya, antara lain:

Pilih puasa 16/8 bagi Pemula

Puasa 16/8 sangat cocok bagi pemula yang ingin memulai intermittent fasting. Mulai dengan 16 jam puasa setelah makan malam, kemudian mengakhirinya pada jam makan siang. 

Jaga Hidrasi Tubuh dengan Banyak Minum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: