Sayang Untuk Dilewatkan! 7 Manfaat Buah Leci yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Hingga Bantu Atasi Sembelit

Sayang Untuk Dilewatkan! 7 Manfaat Buah Leci yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Hingga Bantu Atasi Sembelit

Ilustrasi buah leci.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Leci merupakan buah yang memiliki kulit tipis dan daging yang manis. Buah ini umumnya berwarna cokelat atau kuning muda saat sudah masak, dan memiliki biji yang besar di dalamnya. 

Leci atau Lychee dengan nama Latin-nya Litchi chinensis adalah buah-buahan tropis yang banyak dikonsumsi di Asia Tenggara. Buah leci sering dikonsumsi sebagai buah segar atau dalam bentuk kaleng sebagai camilan atau tambahan hidangan. 

Buah leci juga sering digunakan dalam berbagai hidangan manis, seperti es krim, puding, atau salad buah. Selain rasanya yang enak, leci juga kaya akan vitamin c dan serat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. 

Melansir dari Verywell Health, buah leci kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C yang cukup signifikan. Selain itu, leci juga mengandung vitamin B2 (riboflavin), zat besi, kalium, kalsium, dan tembaga dalam jumlah yang cukup baik.

BACA JUGA:

Buah leci juga memiliki kandungan antioksidan polifenol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah leci untuk kesehatan.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat di dalam leci dapat membantu menyehatkan pencernaan dengan mengatur pergerakan usus yang kemudian secara efektif mencegah sembelit. Serat dapat membantu melancarkan proses buang air besar dan menormalkan gerakan usus, sehingga bisa mengatasi sembelit.

Manajemen berat badan

Bagi mereka yang memperhatikan berat badannya, leci bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet. Ini rendah kalori dan lemak, dan kandungan seratnya membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan secara keseluruhan. Satu porsi leci dalam jumlah sedang dapat memuaskan hasrat manis kamu tanpa berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya pada buah leci dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini melawan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penuaan dini, dan mendukung produksi kolagen, menjaga kulit kamu tetap kencang dan awet muda. Untuk mendapatkan manfaat buah leci sekaligus menjaga berat badan yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi 10-12 buah leci per hari. Selain itu, waktu yang ideal menikmati leci adalah menjadikannya camilan di pagi hari. Mengonsumsi buah leci saat perut kosong dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi. Mengonsumsinya sebagai camilan di antara sarapan dan makan siang juga dapat menjaga tingkat energi dan mencegah ngemil yang tidak sehat.

Mengatasi sembelit

Buah leci juga dipercaya mampu mencegah dan mengatasi sembelit. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya dapat mendukung pergerakan usus dan melunakkan tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: