Terlihat Sepele Tapi Banyak yang Keliru, Ini Cara Mengendari Motor Matic yang Benar

Terlihat Sepele Tapi Banyak yang Keliru, Ini Cara Mengendari Motor Matic yang Benar

Ilustrasi pengendara saat mengendarai motor matic yang benar dan aman--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masa sekarang ini motor jenis matic sudah menjadi kendaraan yang banyak digunakan oleh orang. Hal ini dikarenakan penggunaannya lebih mudah dibandingkan motor manual.

Meski terkesan hanya mengandalkan proses gas dan rem, ternyata tidak semua orang bisa memahami dengan baik cara mengendarai motor matic yang baik dan benar.

BACA JUGA:Simak! 5 Rekomendasi Kampas Rem Terbaik untuk Motor Matic, Tingkatkan Performa Keamanan

BACA JUGA:Wanita Punya Seleranya Sendiri! Rekomendasi Vespa Matic Terbaru 2024 untuk Cewek, Tampil Beda Saat Lebaran

Motor matic adalah kendaraan yang tidak mengandalkan pergantian transmisi untuk pengoperasiannya. Pengendara hanya tinggal melakukan gas untuk melaju kendaraan dan juga pengereman untuk berhenti.

Cara mudah dan sederhana ini membuat banyak orang berminat untuk membeli dan menjadikannya sebagai transportasi harian. Perawatannya pun juga tidak terlalu sulit dan merepotkan. 

Degan banyaknya model motor matic saat ini tidak heran jika kendaraan ini lebih mendominasi jalanan dibandingkan motor manual.

Apalagi jika mobilitasnya di wilayah yang rawan macet, kendaraan matic bisa jadi andalannya.

Sayangnya masih banyak orang yang keliru menggunakan motor matic yang benar, meski terlihat sederhana namun beberapa hal ini sering diabaikan.

Berikut ini cara yang benar mengendarai motor matic agar semakin aman saat berkendara:

1. Perhatikan Tuas Standby di Handle Rem

Pertama, perhatikan tuas standby di handle rem dalam keadaan ditarik handle-nya pada saat parkir, posisinya tuas harus tetap mengerem. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa kaget karena reflek menekan tuas gas saat akan menggunakan motor kembali. Mesin motor juga sebaiknya dalam keadaan mati saat terparkir atau berhenti lama.

2. Tarikan Gas Halus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: