Profil Wali Kota London Sadiq Khan, Politikus Muslim yang Tak Gentar Perangi Terorisme

Profil Wali Kota London Sadiq Khan, Politikus Muslim yang Tak Gentar Perangi Terorisme

Asal Wali Kota London Sadiq Khan: Sejarah dan Perjalanan Politik-Sumber : Pinterest-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Sadiq Khan, seorang politikus Britania Raya, telah menjabat sebagai Wali Kota London sejak 2016 dan menjadi pemimpin London pertama yang mendapatkan tiga masa jabatan sejak jabatan tersebut dibentuk pada tahun 2000.

Khan, yang lahir di London pada 8 Oktober 1970, adalah anak kelima dari delapan bersaudara. Orang tuanya adalah Muslim Pakistan yang tiba di Inggris tak lama sebelum kelahirannya.

Dia dibesarkan di sebuah apartemen yang disewa oleh orang tuanya, ayahnya adalah seorang sopir bus.Khan memulai karier sebagai pengacara dan politikus Partai Buruh.

Ia menekuni profesi sebagai pengacara dan mengantongi sertifikasi sebagai advokat pada 1994. Bidang spesialisasinya menyangkut masalah hak asasi manusia (HAM).

BACA JUGA:

Selama berkarier sebagai pengacara, dia sering menangani kasus pelanggaran HAM di kalangan polisi dan lembaga pemerintah.

Khan memulai karier politiknya dengan menjadi anggota parlemen untuk wilayah Tooting semenjak ia terpilih dalam pemilihan umum Britania Raya 2005.

Ia juga menjadi menteri komunitas sebelum menjadi menteri transportasi, sekaligus menjadi menteri Muslim pertama yang menghadiri sidang kabinet.

Pada 2016, Khan mencalonkan diri untuk menjadi Wali Kota London dan menang atas rival utamanya dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith.

Kemenangan Khan kala itu di luar perkiraan banyak orang, karena sebagian kalangan berpikir bahwa agama Islam yang dianutnya bakal menyulitkannya untuk bertarung melawan Goldsmith—meski sosoknya tak sekuat Johnson.

 Pada 8 Mei 2021, Khan kembali terpilih menjadi wali kota London untuk kedua kalinya, menang atas rival utamanya dari Partai Konservatif, Shaun Bailey. 

Khan dikenal dengan pandangannya yang liberal dan membela kaum lemah. Ia berjanji mengatasi harga hipotek dan sewa rumah yang tinggi di London, mengingat ia pernah tinggal di perumahan yang disubsidi pemerintah.

Khan juga dikenal punya toleransi yang tinggi. Pada 2013 lalu, ia mengatakan mendukung pernikahan gay.

Pernyataan ini menuai banyak kritik bahkan ancaman kematian dari kelompok ekstremis kanan. Namun, Khan tak gentar, ia justru ingin memerangi terorisme. 

Khan juga telah dikritik oleh para penentangnya karena meningkatnya kejahatan – khususnya insiden penikaman.

Dia menanggapi masalah itu dengan menjanjikan lebih banyak dukungan untuk program-program yang melibatkan generasi muda untuk mencegah kejahatan.

Namun, di sisi lain, dia juga menyalahkan pemotongan dana pemerintah.

Khan, yang telah menjadikan pembersihan polusi udara di London sebagai misi pribadinya sejak ia menderita asma saat dewasa, menganggap upaya tersebut sebagai salah satu pencapaian terbesarnya.

Membuat Sungai Thames dapat digunakan untuk berenang pada dekade berikutnya akan memperluas misinya dari udara bersih ke air bersih.

Dalam kesimpulan, Sadiq Khan adalah seorang politikus yang telah meninggalkan jejak yang signifikan dalam perkembangan kota London.

Dengan perjalanan politik yang panjang dan beragam, Khan telah menunjukkan kemampuan untuk memimpin dan meningkatkan kualitas hidup warga London, serta menjadi contoh inspiratif bagi generasi muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: