30 Orang Tewas Akibat Cuaca Panas Ekstrem di Thailand hingga 41 Derajat

30 Orang Tewas Akibat Cuaca Panas Ekstrem di Thailand hingga 41 Derajat

Cuaca panas di Thailand sebabkan 30 orang meninggal dunia.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Pemerintah Thailand resmi mengeluarkan peringatan resmi terkait cuaca ekstrem yang sedang melanda negeri itu. Pada Rabu, 24 April 2024 suhu di Bangkok mencapai 40,1 derajat Celcius, sementara suhu udara serupa juga bakalan terjadi dihari-hari berikutnya.

"Indeks panas berada pada tingkat yang 'sangat berbahaya' di Bangkok," demikian pernyataan Kementerian Lingkungan Hidup Thailand dikutip AFP, pada Kamis, 25 April 2024.

Gelombang cuaca yang sangat panas telah melanda sebagian Asia Selatan dan Asia Tenggara pada pekan ini.

Suhu panas ekstrem ini mendorong sekolah-sekolah di seluruh Filipina untuk meliburkan kelas. Sementara ribuan orang di Bangladesh berdoa bersama agar turun hujan.

Indeks panas yang mengukur suhu dengan mempertimbangkan kelembapan, kecepatan angin, dan faktor lainnya berada pada tingkat yang sangat berbahaya di Bangkok, menurut peringatan departemen lingkungan hidup kota tersebut.

BACA JUGA:

Pihak berwenang di provinsi Udon Thani juga memperingatkan akan adanya suhu yang sangat panas pada hari Kamis, 25 April 2024.

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa 30 orang telah meninggal dunia akibat sengatan panas atau Heatsroke pada periode 1 Januari hingga 17 April. Sebagai perbandingan, ada 37 orang tewas akibat cuaca panas ekstrem sepanjang tahun 2023.

Direk Khampaen, wakil direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, mengatakan kepada AFP bahwa para pejabat mendesak lansia dan mereka yang memiliki kondisi medis termasuk obesitas untuk tetap tinggal di dalam rumah dan minum air secara teratur.

Bulan April biasanya adalah bulan terpanas di Thailand dan negara-negara lain di Asia Tenggara, tetapi kondisi tahun ini diperparah oleh El Nino.

BACA JUGA:

Badan cuaca dan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan Asia mengalami pemanasan dengan kecepatan yang sangat luar biasa.

Suhu di negeri “Gajah Putih” hampir memecahkan rekor dalam sejarah minggu ini, menyentuh 44,2 derajat Celsius di provinsi Lampang, Thailand Utara pada Senin lalu, terpaut tipis dari rekor 44,6 derajat Celsius yang tercatat tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: