Waspada! Cuaca Panas Ekstrem Bisa Sebabkan Heat Stroke, Kenali Tanda-tandanya

Waspada! Cuaca Panas Ekstrem Bisa Sebabkan Heat Stroke, Kenali Tanda-tandanya

Indonesia sekitar bulan Mei Tahun 2022 pernah mengalami peningkatan suhu panas atau Heat Stroke Kenali artinya dan upaya penvegahannya Foto : CNN Indonesia --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Indonesia adalah sebuah negara di kawasan Asia Tenggara yang beriklim Tropis.

Iklim tropis secara ringkas dapat diartikan negara yang memiliki panas dan dingin yang seimbang alias suhu udara berada rata-rata 29- 34 derajat celcius.

Iklim Tropis di Indonesia membuat negeri yang dikenal subur dan kaya sumber daya alam ini,  mengalami 2 musim dalam setahun.

Dua musim di Indonesia itu adalah Musim Hujan dan Musim Kemarau.

Pola kedua musim ini, berdasar Ilmu Geografi sebelum munculnya isu pemanasan Global adalah periode 6 bulan terjadi musim hujan dan periode 6 bulan berikutnya terjadi musim kemarau, seperti itu seterusnya.

BACA JUGA:

Karena itu pula mengalami 2 musim, Indonesia menjadi sebuah negara yang bisa mengembangkan Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan, Holtikultura serta negara yang dapat mengembangkan Industrialisasi. 

Faktor musim ini juga turut menjadi penyebab penjelajah-penjelajah dunia berdatangan ke Nusantara karena faktor alam yang menarik bagi mereka. 

Tidak banyak negeri-negeri di dunia ini yang seperti Indonesia, lantaran mendapat 2 musim dan setahun.

Secara lengkap dunia justru mengenal 4 musim yakni musim panas, musim dingin, musim gugur dan musim semi.

Dalam lintasan sejarah terbaru Negeri yang berada di garis Khatulistiwa ini, pernah mengalami peningkatan suhu panas atau Heat Stroke di atas 35 derajat Celcius.

Penelusuran RadarPena Heat Stroke di Tanah Air terjadi sekitar Mei 2022 dengan catatan suhu menembus 36 derajat Celcius.  

Suhu mencapai 36 derajat celcius untuk rata-rata di Indonesia sudah di atas normal.

Bahkan untuk diwilayah-wilayah yang berhawa dingin dan sejuk, di Indonesia terlebih sedang terjadi Musim hujan suhu udaranya hanya 18-20 derajat celcius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: