Ketahui, Ini 10 Gangguan Kepribadian Umum yang Sering Terjadi, Apakah Kamu Termasuk?

Ketahui, Ini 10 Gangguan Kepribadian Umum yang Sering Terjadi, Apakah Kamu Termasuk?

Banyak orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami gangguan kepribadian yang berujung pada kesehatan mental--Shutterstock

Orang yang mengalami gangguan kepribadian ini sering mengalami gejolak jiwa seperti mudah marah, depresi, hingga kecemasan yang berlebihan.

Perasaan tersebut timbul akibat ketakutan akan ditinggalkan yang pada akhirnya bisa menyakiti diri sendiri. Gangguan ini sering kali berasal dari trauma masa kanak-kanak dan kebanyakan terjadi oleh perempuan.

6. Avoidant Personality Disorder

Avoidant personality disorder adalah gangguan kepribadian yang dipenuhi dengan rasa takut dan malu yang berlebihan serta kecemasan atas penolakan.

Orang yang mengalami masalah gangguan kepribadian ini cenderung menghindari interaksi sosial dan ketakutan untuk dikritik atau berbeda pendapat, meskipun dalam hatinya sangat membutuhkan persahabatan.

Mereka menghindari situasi sosial kecuali merasa yakin akan penerimaannya, sering kali menyebabkan gangguan isolasi dan kecemasan.

7. Histrionic Personality Disorder

Histrionic personality disorder adalah gangguan kepribadian yang melibatkan kepribadian yang suka cari perhatian dan emosi yang berlebihan.

Orang dengan gangguan ini mungkin terus-menerus mencari persetujuan dan rentan terhadap ekspresi emosi yang dramatis dan berlebihan.

8. Schizoid Personality Disorder

Schizoid personality disorder adalah gangguan kepribadian yang tidak menyukai hubungan sosial, dan lebih nyaman dengan kehidupannya sendiri, bahkan kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya.

Meskipun ada yang memandang mereka tidak sensitif, ada pula yang berpendapat mereka memiliki kehidupan batin yang kaya, tetapi merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Terlepas dari keanehannya, mereka biasanya menghindari mencari bantuan medis.

9. Schizotypal Personality Disorder

Schizotypal personality disorder adalah gangguan kepribadian yang melibatkan pikiran, perilaku, dan penampilan aneh.

Orang dengan gangguan ini mungkin memiliki keyakinan atau pengalaman tidak biasa seperti pemikiran magis atau ide paranoid, mungkin kesulitan dalam menjalin hubungan dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: