Menperin: Apple Developer Academy Bakal Dibangun di 4 Kota dengan Total Invetasi Rp1,6 Triliun

Menperin: Apple Developer Academy Bakal Dibangun di 4 Kota dengan Total Invetasi Rp1,6 Triliun

Logo Apple – feature--Foto: pixabay.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook, temui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 17 April 2024.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa kunjungan Tim Coo ke Indonesia berkaitan dengan upaya meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) industri teknologi di Tanah Air.

Dalam pertemuan antara Tim Cook dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta Agus mengungkapkan mayoritas produk Apple yang ada di Indonesia merupakan ponsel impor.

BACA JUGA:Bill Gates Ramal 3 Lulusan Kuliah Ini Bakal Cemerlang di Masa Depan: Saya Sudah Mulai Berinvestasi!

"Produksi ponsel di Indonesia pada 2023 mencapai 49 juta unit, sedangkan impornya hanya sebesar 2,79 juta unit. Dari 2,79 juta unit ponsel yang diimpor itu, sebanyak 85 persennya berasal dari produk Apple," ungkap Agus dalam konferensi pers.

Agus melihat kehadiran perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat tersebut sebagai pendekatan yang unik bagi pemerintah untuk meningkatkan TKDN industri teknologi. 

Dengan begitu, Indonesia dapat menciptakan nilai tambah yang lebih besar dari sektor ini.

"Kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia," ujarnya.

Agus mengatakan, salah satu pembahasan yang dilakukan Tim Cook dengan Presiden Jokowi pagi ini adalah terkait pembangunan Apple Developer Academy di Indonesia.

BACA JUGA:Bos Apple Tim Cook Kunjungi Prabowo di Jakarta: Saya Berharap Dapat Bekerja Sama

Menurutnya, pembangunan Apple Developer Academy ini memang telah menjadi komitmen Apple dengan pemerintah Indonesia. 

Nantinya, Apple Developer Academy sudah dibangun di Batam, Surabaya, Tangerang Selatan, dan terbaru adalah di Bali.

"Kemungkinan jadi tempat Apple Developer Academy salah satunya adalah milik Kemenperin Balai yang ada di Bali. Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari keempat kota," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: