5 Cara Sehat dan Mudah Jaga Keseimbangan Kadar Gula Darah, Lakukan Hal Ini di Pagi Hari

5 Cara Sehat dan Mudah Jaga Keseimbangan Kadar Gula Darah, Lakukan Hal Ini di Pagi Hari

Lakukan kebiasaan mudah dan sederhana ini di pagi hari untuk menurunkan dan menjaga keseimbangan tekanan gula darah sepanjang hari --DinkesAceh

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Lakukan kebiasaan ini di pagi hari untuk menurunkan gula darah agar bisa menjaga kesehatan tubuh.

Banyak hal yang jarang untuk kita sadari, di mana kebiasaan pagi hari ini bisa menjadi penentu kondisi kesehatan pada seseorang.

Kebiasaan ini juga tidak terbilang sulit dan mudah untuk dilakukan. Namun efeknya bisa berdampak baik pada kondisi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:7 Kiat dari dr Zaidul Akbar untuk Mengontrol Kadar Gula Darah, Bagi Penderita Diabetes, Simak apa Saja

BACA JUGA:8 Jenis Sayur dan Buah Pereda Kadar Gula dalam Darah, Tips Menjaga Gula Darah Stabil dengan Alami

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana dan mudah yang bisa dilakukan di pagi hari untuk menunrunkan dan menjaga keseimbangan tekanan gula darah di sepanjang hari:

1. Meminum Air Putih

Langkah sederhana untuk menjaga tingkat gula darah adalah memastikan kondisi tubuh tetap terhidrasi. Meminum segelas air putih yangbisa membantu menurunkan tekanan gula darah, hal ini bisa mengencerkan jumlah gula dalam aliran darah. Faktanya ketika manusia mengkonsumsi lebih banyak air, maka ini juga dapat mengatur nafsu makan dan mengurangi asupan minuman manis.

2. Sarapan

Meskipun banyak informasi yang mengatakan bahwa sarapan bisa membuat tekanan gula darah naik, namun nyatanya sarapan bisa membantu menstabilka kadar gula dalam darah. Pasalnya, dalam beberapa kasus, orang yang semakin lama tidak makan pagi, justru semakin tinggi gula darahnya. Proses ini disebut sebagai glukoneogensis atau proses pembuatan gula daarah yang disimpan di hati untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi tanpa konsumsi makanan. Salah satu ahli diet menjelaskan tanpa makanan dalam jangka waktu yang lama dapat memicu stres pada tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gula darah meningkat. Seperti saat kondisi bangun di pagi hari, gula darah manusia akan meingkat, dan sarapan yang seimbang bisa membantu menstabilkan atau menurunkan tekanan gula darah.

3. Sarapan Berprotein

Dalam sarapan, utamakan yang mengandung sarapan dengan menu tinggi protein. Hal ini sudah terbukti menstabilkan kadar gula darah yang tinggi dan rendah sepanjang hari. Salah satu teorinya adalah karena protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna, dan gula darah tidak langsung naik. Sarapan tinggi protein menciptakan aliran energi yang lebih lambat dan stabil. Kondisi ini dapat memberikan efek bertahan sepanjang hari. Rekomendasi sarapan yang mengandung tinggi protein adalah telur, greek yogurt, dan juga smoothies dengan tambahan protein bubuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: