8 Jenis Sayur dan Buah Pereda Kadar Gula dalam Darah, Tips Menjaga Gula Darah Stabil dengan Alami

8 Jenis Sayur dan Buah Pereda Kadar Gula dalam Darah, Tips Menjaga Gula Darah Stabil dengan Alami

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gula darah yang tinggi atau hiperglikemia adalah masalah kesehatan yang sering terjadi pada penderita diabetes. Saat kadar gula darah meningkat, tubuh mengalami masalah dalam memproduksi atau menggunakan insulin dengan efektif.

Dalam jangka panjang, tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan organ.

Untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan alami yang memiliki efek pereda kadar gula dalam darah.

Berikut adalah beberapa buah yang direkomendasikan untuk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil secara alami:

1.  Kacang-kacangan

Makanan penurun gula darah yang pertama adalah kacang-kacangan. Kacang diketahui memiliki kandungan serat dan protein tinggi. Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks dan mempunyai indeks glikemik rendah.

BACA JUGA:

Oleh sebab itu, kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Tak sampai di situ, makanan ini juga diperkaya dengan magnesium yang bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2.  Sayuran Berdaun Hijau

Makanan penurun gula darah selanjutnya adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau diketahui tidak mengandung pati, di mana sayuran berpati memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan indeks glikemik tinggi.

Selain memiliki indeks glikemik rendah, sayuran hijau juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin melimpah yang dapat membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula. Kedua kondisi tersebut termasuk komplikasi diabetes yang cukup sering dialam

3.  Tomat

Tomat juga merupakan salah satu buah penurun gula darah yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Tomat mengandung likopen dan anthocyanin yang tergolong sebagai antioksidan.

Zat pada tomat tersebut bahkan dianggap memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang berfungsi memperlambat serta mengurangi pelepasan gula dalam darah.

4.  Apel

Apel mengandung serat larut, vitamin C, dan pektin yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula dari makanan ke aliran darah. Dengan demikian, apel membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil setelah makan.

5.  Jeruk 

Jeruk memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah, artinya buah ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Jeruk juga mengandung serat yang membantu menjaga pencernaan dan membantu mengontrol kadar gula darah.

6.  Kiwi

Buah kiwi kaya akan serat dan vitamin C, serta memiliki indeks glikemik yang rendah. Mengonsumsi kiwi sebagai camilan sehat dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7.  Alpukat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: