Hengkang dari Office 365, Software Microsoft Teams Kini Berbayar

Hengkang dari Office 365, Software Microsoft Teams Kini Berbayar

hengkangnya teams dari microsoft --

RADARPENA.CO.ID - Seperti yang diketahui, Microsoft baru saja mengumumkan keputusan penting terkait platform kolaborasi mereka, Microsoft Teams.

Setelah sebelumnya dipisahkan untuk wilayah Eropa demi menghindari sanksi antimonopoli, kini Teams resmi menjadi produk terpisah secara global mulai 1 April 2024.

Adapun keputusan ini didorong oleh beberapa faktor, salah satunya yakni keluhan dari kompetitor seperti Slack yang merasa dirugikan karena Teams sebelumnya selalu dibundel gratis dengan Office 365.

Hadirnya Teams Sebagai Produk Berbayar

Tentunya, dengan perpisahan tersebut Teams tidak lagi otomatis menjadi bagian dari langganan Office 365.

Anda yang ingin menggunakan Teams harus membayar biaya langganan terpisah sebesar USD 5,25 per akun pengguna per bulan Perlu diingat, harga bisa berbeda tergantung wilayah.

Dampak Bagi Pengguna

Bagi anda yang sudah terlanjur berlangganan Office 365, Microsoft menawarkan pilihan untuk tetap menggunakan paket lama yang masih menyertakan Teams. tetapi, bagi pengguna baru yang membutuhkan Teams harus berlangganan secara terpisah.

BACA JUGA:Selamat Tinggal Wordpad, Microsoft Bakal Hapus pada Windows 11 Seri Baru

BACA JUGA:Siap-siap! Microsoft Corp Bakal Akhiri Dukungan Window 10, 240 Juta PC Terancam Jadi Sampah!

Transformasi Teams Menjadi Platform Mandiri

Adapun, keputusan Microsoft ini menandakan transformasi Teams dari sekadar fitur kolaborasi di Office menjadi platform komunikasi mandiri yang semakin powerful.

Dengan basis pengguna yang masif dan fitur yang terus berkembang, Teams dipercaya mampu bersaing secara sehat dengan platform komunikasi lainnya.

Apakah pengguna Office 365 lama bisa tetap menggunakan Teams? Ya, pengguna lama bisa memilih untuk tetap menggunakan paket lama yang masih menyertakan Teams.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: