Polda Lampung Siap Kawal Pemudik Motor dari Pelabuhan Bakauheni hingga Perbatasan Wilayah

Polda Lampung Siap Kawal Pemudik Motor dari Pelabuhan Bakauheni hingga Perbatasan Wilayah

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah Astutik-Foto: Instagram.com/@humas_poldalampung-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Polda Lampung menyiapkan tim pengamanan untuk melakukan pengawalan terhadap pemudik yang menggunakan sepeda motor. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama Operasi Ketupat Krakatau pada 4 – 16 April mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, pada Selasa, 26 Maret 2024. "Kami siap mengawal para pemudik motor dari Pelabuhan Bakauheni hingga tujuan mereka," ucapnya.

Mudik Lebaran tahun 2024 Polda Lampung tegaskan kesiapannya untuk mengawal pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Bakauheni dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran arus Mudik jelang Hari Raya.

Dalam upayanya Polda Lampung melakukan pola pengamanan akan dilakukan secara estafet hingga mencapai perbatasan wilayah masing-masing Polres/Polresta. 

BACA JUGA:

“Ini merupakan langkah preventif untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama periode arus mudik,” ungkapnya.

Lonjakan penumpang dan kendaraan akan terjadi setiap terjadi arus mudik lebaran. Sehingga menurutnya perlu pengawalan ini sebagai bagian dari strategi keamanan dalam menghadapi lonjakan pemudik.

Petugas pengawalan tersebut telah siaga mulai pukul 19.00 – 05.00 WIB. Jajarannya akan mengumpulkan pemudik dalam satu tempat yang telah tersedia. Kemudian, setelah berjumlah minimal 30 sepeda motor bakal mulai melakukan pengawalan.

"Awalnya, setelah turun dari kapal, kita kumpulkan di titik 0 km jalan arteri pelabuhan Bakauheni, setelah itu sepeda motor kita akan mulai kawal perjalanan selanjutnya," ucapnya.

"Dari Pelabuhan Bakauheni akan dikawal oleh Sat PJR Polres Lampung Selatan sampai ke perbatasan wilayah dan selanjutnya akan dikawal oleh anggota Satlantas dari Polres masing-masing," lanjutnya.

BACA JUGA:

"Jadi pola pengamanan ini merupakan upaya koordinasi yang baik antara berbagai satuan di wilayah Lampung guna memastikan setiap pemudik dapat sampai ke tujuan mereka dengan aman dan lancar," kata dia

Dia pun berharap dengan adanya pengawalan pihak kepolisan terhadap pemudik motor dapat meminimalkan resiko kecelakaan di jalan dan menjamin keamanan mereka hingga tempat tujuan.

"Tentunya diharapkan hal yang kami lakukan ini dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan setiap pemudik dapat merayakan Hari Raya dengan selamat bersama keluarga mereka," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: