Jemaah Haji yang Nekat Bawa Air Zamzam di Koper Siap-siap Bisa Denda Rp25 Juta

Jemaah Haji yang Nekat Bawa Air Zamzam di Koper Siap-siap Bisa Denda Rp25 Juta

Jemaah haji yang membawa air zamzam dalam koper bisa terkena denda Rp 25 juta.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah lama mengimbau kepada seluruh jemaah haji yang membawa air zamzam ke dalam koper.

Jika ada jemaah yang terbukti membawa air zamzam akan ada sanksi berupa denda 6 ribu riyal atau sekitar Rp 25 juta.

Hal itu dikatakan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid di depan peserta Bimtek Petugas Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Minggu, 24 Maret 2024.

"Membawa air zamzam dalam koper akan kena denda 6 ribu riyal," ujar Subhan.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Direktur Jenderal Penyelanggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengaku pihaknya masih negosiasi dengan pemerintah Arab Saudi mengenai aturan tersebut.

Berdasarkan pengalaman, kata dia, jemaah haji selalu ingin membawa sebanyak-banyaknya air zamzam. Sehingga ia akan terus berusaha negosiasi.

BACA JUGA:

"Masih negosiasi, proses haji ini adalah kerjasama antar negara, ya mudah-mudahkan bisa menghilangkan denda itu," ujarnya di tempat yang sama. Sebenarnya, setiap jemaah haji telah dijatah 5 liter zamzam yang dikoordinir pemerintah. 

"Saat tiba di debarkasi, air zamzam itu baru dibagikan," terangnya.

Namun, banyak jemaah yang merasa kurang dengan jatah itu. Mereka pun "menyelundupkan" zamzam ke dalam koper dengan menggunakan bekas botol air mineral dan sejenisnya.

Mereka berusaha menyamarkan zamzam tersebut dengan membungkusnya memakai kain sampai lakban.

Padahal, langkah ini tidak akan berhasil. Sebab, koper-koper mereka akan diperiksa dengan X-ray. Subhan menyatakan, pihaknya akan mensosialisasikan larangan membawa zamzam di koper ini ke para jemaah. 

"Poinnya adalah kita akan coba taati aturan itu dan sosialisasikan kepada jamaah," ucapnya. Sementara itu jemaah haji Indonesia pada tahun lalu mendapatkan air zamzam 10 liter yang diperolehnya saat di debarkasi tanah air. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya 5 liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: