Jokowi Resmikan 15 Ruas Jalan di Sulawesi Tengah Senilai Rp330 Miliar

Jokowi Resmikan 15 Ruas Jalan di Sulawesi Tengah Senilai Rp330 Miliar

Presiden Jokowi meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Tengah, pada Selasa, 26 Maret 2024.-Foto: Instagram.com/@jokowi-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Presiden Jokowi telah meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah dalam kunjungan kerjanya, pada Selasa, 26 Maret 2024.

Diketahui, proyek perbaikan jalan-jalan tersebut merupakan pelaksanaan dari Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah alias Inpres Jalan Daerah (IJD).

"Pada hari ini, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah," kata Jokowi, dalam keterangan tertulis, dikutip pada Selasa, 26 Maret 2024.

Presiden meresmikan setidaknya sekitar 15 ruas jalan dengan panjang total 147 kilometer dan biaya Rp330 miliar yang tersebar di sembilan kabupaten/kota. Langkah ini dilakukan untuk komitmen pemerintah terus memeratakan pembangunan infrastruktur di seluruh daerah di Tanah Air.

BACA JUGA:

"Ada 9 kota dan kabupaten yang kita perbaiki menyangkut 15 ruas sepanjang 147 kilometer yang menghabiskan anggaran Rp330 miliar," ujar Jokowi usai peninjauan di Pasar Salakan, Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah, pada Selasa, 26 Maret 2024.

Total 15 ruas jalan tersebut tersebar pada 9 kabupaten/kota, di Provinsi Sulawesi Tengah. Peresmian Inpres Jalan Daerah ini menandai langkah penting dalam upaya pemerintah untuk memajukan infrastruktur di daerah, mendukung mobilitas warga, dan meningkatkan kualitas hidup di sekitar kawasan.

Melalui proyek ini, Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk terus meratakan pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air. Harapannya, proyek ini akan mendatangkan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar.

Pembangunan 15 ruas jalan ini pun disambut baik oleh masyarakat, sebut saja salah satunya Joshua, pelajar asal Kabupaten Banggai Kepulauan. Menurutnya, perbaikan jalan ini meningkatkan keamanan dan kenyamanan, terutama bagi pengendara motor.

Jokowi pun menegaskan, pemerintah tidak hanya memperbaiki jalan di Sulawesi Tengah, melainkan juga daerah lain. Mantan Walikota Solo menjamin pemerintah akan melakukan pemantauan perbaikan jalan.

"Saya kira tidak hanya di sini di provinsi yang lain-lain juga sama kita akan cek semua pelaksanaan yang berkaitan dengan jalan daerah," kata Jokowi.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers dan Media Istana, sejumlah warga merespon positif inpres tersebut. Warga lokal, Christian, merasa senang karena telah dilakukan perbaikan infrastruktur tersebut. Dia berharap langkah tersebut terasa, khususnya di Kabupaten Banggai Kepulauan.

BACA JUGA:

"Jadi memang dalam masa itu, dalam suatu pemerintahan pasti akan ada proses dan pembangunan, dan syukur saat ini dengan program yang dilaksanakan dari pemerintah pusat lewat kewenangannya Bapak Jokowi, dampak dari pembangunan infrastruktur itu sudah bisa kami rasakan," tutur Christian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: