Deretan Jenis Kardio serta Manfaatnya untuk Tubuh

Deretan Jenis Kardio serta Manfaatnya untuk Tubuh

Jenis dan manfaat olahraga Kardio.-Foto: Unsplash.com/ChanderR-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kesehatan dalam tubuh merupakan suatu kondisi penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Olahraga kardio merupakan salah satu aktivitas fisik yang menawarkan segudang manfaat bagi Kesehatan tubuh. 

Meski terkenal mampu membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh, rupanya manfaat olahraga kardio tak hanya sebatas itu. Melakukan olahraga kardio secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, memperbaiki fungsi tubuh, hingga menjaga tekanan darah. 

Buat kamu yang belum pernah mencoba olahraga kardio sebelumnya, ini merupakan gerakan-gerakan olah tubuh yang tidak hanya membakar kalori saja, tetapi juga melatih pernapasan. Jadi, bisa dikatakan bahwa kardio merupakan olahraga sederhana tetapi menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Jenis olahraga kardio cukup beragam, mulai dari yang sederhana seperti jalan kaki sampai dengan yang berintensitas tinggi. Berikut, beberapa jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan:

BACA JUGA:

Lari

Olahraga kardio yang bisa dilakukan kapan dan di mana saja berikutnya adalah lari. Olahraga ini dapat membantu pembakaran lemak, menurunkan stres, hingga memperkuat tulang dan sendi. Mulailah lari sesuai dengan kemampuan tubuh, namun tetap ikuti anjuran minimal untuk berolahraga selama 150 menit per minggu yang dapat berupa variasi dari berbagai olahraga.

 

Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga kardio yang dapat dilakukan dirumah atau dimanapun dengan mudah. Kita hanya membutuhkan sebuah tali yang panjangnya bisa menyesuaikan. Selain itu lompat tali merupakan salah satu olahraga kardio yang bisa membakar kalori dengan cepat.

 

Jogging di Tempat

Berdiri tegak dengan kaki dibuka sejajar bahu. Kemudian angkat tungkai kaki  seperti Anda sedang berlari. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang selama 60 detik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: