Mengenal Keutamaan Malam Lailatul Qadar: Malam Penuh Berkah dan Pengampunan Dosa!

Mengenal Keutamaan Malam Lailatul Qadar: Malam Penuh Berkah dan Pengampunan Dosa!

Keutamaan Malam Lailatul Qadar Foto : Disway -ilustrasi-

JAKARTA, RADAPENA.CO.ID - Malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang sangat istimewa dalam agama Islam. 

Malam ini memiliki keutamaan yang luar biasa, di mana setiap amal baik yang dilakukan pada malam ini bernilai lebih dari seribu bulan.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa setiap tahun terjadi Lailatul Qadar. Namun, tidak ada yang mengetahui kapan waktu pasti terjadinya Lailatul Qadar. 

Meski begitu, diyakini bahwa Lailatul Qadar terjadi di salah satu dari 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Tanggal peringatan tahunannya pun bervariasi di seluruh dunia Islam. Tetapi, paling sering diamati pada malam ke-23 Ramadan.

BACA JUGA:Penting Dipahami Orang Tua! Himbauan Cara Mendidik Anak Agar Ikatannya dengan Keluarga Tak Renggang

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dan pentingnya malam Lailatul Qadar:

1. Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dalam Surah Al-Qadr, Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. 

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan" (Al-Quran, Surah Al-Qadr: 1-3). Oleh karena itu, setiap amal ibadah yang dilakukan pada malam ini memiliki nilai yang sangat besar di sisi Allah SWT.

2. Pengampunan Dosa

Malam Lailatul Qadar adalah malam di mana pintu ampunan Allah SWT terbuka lebar. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni" (HR. Bukhari dan Muslim). 

Oleh karena itu, malam ini merupakan kesempatan emas untuk memohon ampunan dan membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

3. Turunnya Malaikat dan Rahmat Allah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: