Labu Siam si Hijau yang Kaya Manfaat dan Mudah Dimasak

Labu Siam si Hijau yang Kaya Manfaat dan Mudah Dimasak

Labu Siam si Hijau yang Kaya Manfaat dan Mudah Dimasak--Foto : freepik.com

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Tingginya kadar karbohidrat dalam makanan dapat memengaruhi kadar gula darah. Namun, labu siam memiliki nilai karbohidrat yang rendah sehingga kadar gula dalamnya juga rendah. Selain itu, kandungan labu siam membantu mengatur kadar insulin, hormon yang penting dalam pengaturan gula darah.

BACA JUGA:

5. Baik untuk Ibu Hamil

Folat atau vitamin B9 yang terdapat dalam labu siam sangat penting bagi wanita hamil. Folat dibutuhkan selama awal kehamilan untuk merangsang pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin serta mencegah kelahiran prematur.

6. Menekan Risiko Kanker

Konsumsi buah dan sayuran yang cukup dapat membantu menekan risiko berbagai jenis kanker. Senyawa yang terdapat dalam labu siam telah terbukti dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker serviks dan leukemia. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memvalidasi temuan ini.

7. Memperlambat Tanda-tanda Penuaan

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat memperlambat proses penuaan. Salah satu penyebab utama penuaan adalah kerusakan sel akibat radikal bebas.

BACA JUGA:

Labu siam mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, yang diperlukan untuk produksi kolagen, sebuah protein penting untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit.

8. Menjaga Fungsi Hati

Labu siam juga bermanfaat untuk menjaga fungsi hati, terutama terkait dengan penumpukan lemak. Ekstrak labu siam diyakini dapat membantu melindungi hati dari penumpukan lemak yang berlebihan. Kadar lemak yang tinggi dalam hati dapat memengaruhi fungsi hati secara keseluruhan.

9. Menjaga Berat Badan

Salah satu manfaat labu siam adalah kandungan seratnya. Serat ini berperan dalam melambatkan proses pencernaan di lambung, sehingga perasaan kenyang akan bertahan lebih lama. Dengan pola makan yang terjaga, pengendalian dan penurunan berat badan pun menjadi lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: