Desa Wae Rebo di NTT Terpilih Jadi Tempat Wisata Tercantik di Dunia Nomor 2 Setelah Jerman

Desa Wae Rebo di NTT Terpilih Jadi Tempat Wisata Tercantik di Dunia Nomor 2 Setelah Jerman

Desa Wae Rebo, Flores, NTT.-Foto: Instagram.com/@come2indonesia-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Desa Wae Rebo merupakan desa adat kecil yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa ini tepatnya berada di barat daya Kota Ruteng.

Desa Wae Rebo terpilih dan dinobatkan sebagai destinasi wisata tercantik di dunia yang berada di urutan kedua setelah Rothenburg ob der Tauber, di Jerman.

Desa ini memiliki desain rumah adat yang unik dan terkenal dengan atapnya yang mengerucut itu mengalahkan lima desa lainnya dari berbagai negara.

Sebagai informasi, Desa Wae Rebo di Flores terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (MDPL). Kondisi alam di desa ini masih sangat alami dengan pemandangan alam berupa gunung-gunung berpadu dengan 7 rumah adat berbentuk kerucut.

BACA JUGA:

Perlu tenaga ekstra untuk menuju lokasinya dengan melakukan perjalanan kaki sekitar 7 kilometer yang memakan waktu selama kurang lebih 3-4 jam. Kondisi fisik yang sehat sangat diperlukan saat mengunjungi desa Wae Rebo karena harus mendaki.

Desa wisata yang satu ini dulu sempat mendapatkan Top Award of Excellwence dari UNESCO Asia Pacific Heritage Awards 2012, yang diumumkan di Bnagkok pada 27 Agustus 2012.

Melansir laman Wonderful Indonesia, saat menuju desa Wae Rebo akan melewati Hutan Todo yang dipenuhi dengan vegetasi. Di hutan ini akan menemukan anggrek, berbagai jenis pakis, serta kiauan merdu dari beraneka ragam jenis burung.

Pendiri Desa Wae Rebo adalah seorang pria yang bernama Empu Maro, yang membangun desa tersebut sekitar 100 tahun lalu. Kemudian dilestarikan oleh penduduk lokalnya, hingga sekarang mencapai keturunan generasi ke-18.

Salah satu hal yang unik dan menjadi ciri khas dari Wae Rebo adalah rumah adat Mbaru Niang yang tinggi dan berbentuk kerucut, serta tertutup ilalang lontar dari atap hingga ke tanah.

BACA JUGA:

Para wisatawan yang berkunjung pastinya akan melihat pemandangan alam yang indah saat tiba di Desa Wae Rebo, berupa gunung-gunung yang saling berpadu. Hamparan rerumputan hijau dengan sapuan kabut memberikan suasana megis, tenang, dan damai. 

Namun, masyarakat setempat akan menyambut pengunjung dengan ramah. Rumah adat di Desa Wae Rebo ini akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. 

Belakangan ini, Desa Adat Wae Rebo semakin populer sebagai tujuan wisata bagi para pencinta ekowisata domestik dan mancanegara. Hal ini tentunya juga menambah kesejahteraan ekonomi desa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: