Menko Muhadjir: Stok Bahan Pokok Aman, Harga Naik Wajar

Menko Muhadjir: Stok Bahan Pokok Aman, Harga Naik Wajar

Menko Muhadjir saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait Persiapan Idul Fitri 1445 H di Kantor Kemenko PMK, Senin 18 Maret 2024-Foto: Instagram/@muhadjir_effendy-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan ketersediaan bahan pokok aman menjelang Idulfitri. 

Demikian disampaikan Menko PMK usai menggelar rapat koordinasi tingkat menteri yang berlangsung di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat. 

Dia mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok merupakan hal wajar saat Ramadan begitupun jelang lebaran. Namun, pemerintah meyakini harga tidak sampai mengalami lonjakan. 

BACA JUGA:Update Harga Bahan Pokok di Seluruh Indonesia Sabtu 2 Maret 2024: Cabai Merah Tembus Rp47.250 per Kilogram

"Dari Kementerian Perdagangan sudah melaporkan, insyaallah siap, tidak ada masalah. Memang ada kenaikan, itu dari beras, cabai, telur, dan daging ayam," ujar Menko Muhadjir dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 18 Maret 2024. 

Dia menyebut, pemerintah akan memperkuat upaya menjaga ketersediaan pangan melalui operasi pasar yang akan dilakukan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

BACA JUGA:Pemkot Jaksel Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Ramadan 2024

"Sekarang juga sudah mulai operasi (pasar), mudah-mudahan seandainya ada kenaikan juga tidak terlalu mengganggu keceriaan lebaran kita," kata Muhadjir. 

Diketahui, pemerintah memastikan kenaikan harga eceran tertinggi atau HET beras premium akan diberlakukan hingga 23 Maret 2024.

Kebijakan relaksasi HET dijalankan untuk memastikan ketersediaan beras tetap aman menjelang hari raya Idulfitri. 

Pemerintah sendiri merencanakan pada Maret-April ini akan ada panen sebanyak 3,5 juta ton padi. Sedangkan untuk impor dari luar negeri sebanyak 22.500 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: