5 Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma saat Berpuasa Ramadan: Bagus untk Tekan Gula Darah dan Cegah Sembelit

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma saat Berpuasa Ramadan: Bagus untk Tekan Gula Darah dan Cegah Sembelit

Kurma sangat perlu menjadi hidangan ketika bulan puasa karena alasan-alasan berikut ini--

Mengonsumsi buah kurma secara rutin mampu meningkatkan fungsi otak kamu. Menurut penelitian dalam jurnal Neural Regeneration Research, kandungan antioksidan dalam otak memberikan perlindungan terhadap peradangan dan stres oksidatif pada otak.

Tentunya, hal ini dapat membantu kamu menjaga kesehatan otak sehingga kamu lebih fokus saat beraktivitas ketika menjalani ibadah puasa. 

3. Menjaga Kadar Gula Darah ketika Berpuasa 

Pada saat berpuasa, tubuh akan menggunakan gula yang disimpan dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi. Hal ini menyebabkan kamu akan lebih rentan mengalami penurunan kadar gula darah ketika berpuasa.  

Untuk mengembalikan kadar gula menjadi normal, kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang memiliki kandungan manis alami. Hal ini disebabkan kurma memiliki kandungan fruktosa di dalamnya.  

4. Menambah Energi saat Berpuasa 

Kandungan kalori dan fruktosa dalam buah kurma membuat kamu menjadi lebih berenergi saat menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya itu, kandungan serat pada buah kurma juga bisa membantu kamu merasakan kenyang, sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka maupun sahur. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mobil Bekas Dibawah Rp100 Juta, yang Masih Bisa Untuk Mudik dengan Bergaya di 2024

5. Mencegah Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa 

Mengonsumsi buah kurma saat berbuka akan mencegah kamu mengonsumsi makan berlebihan karena bisa membuat kamu merasa kenyang. 

Setelah satu hari berpuasa sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan saat berbuka, hal ini bisa memicu perut tidak nyaman atau perut kembung. 

Itulah berbagai manfaat mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa. Kamu bisa mengonsumsi buah kurma beberapa butir saat berbuka dengan segelas air putih. Jika kamu mengalami perut yang tidak nyaman saat berbuka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: