Kamu Pejuang Diet? Ini 7 Makanan Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Tiap Hari, Cocok untuk Penderita Diabetes

Kamu Pejuang Diet? Ini 7 Makanan Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Tiap Hari, Cocok untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi makanan rendah gula-Foto: Unsplash.com/LouisHansel-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menerapkan diet rendah gula, dapat mengontrol seberapa banyak gula yang kita konsumsi dan mendukung usaha agar tubuh tetap lebih sehat. Salah satu sumber energi yaitu karbohidrat yang terdiri dari dua jenis, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana, yakni gula. 

Jadi, diet rendah gula artinya mengganti sumber energi tubuh dengan lebih banyak mengonsumsi lemak dan protein yang diklaim rendah gula. Gula yang sembunyi dalam makanan olahan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. 

Dengan menerapkan diet rendah gula, kita bisa mengontrol seberapa banyak gula yang kita konsumsi dan mendukung usaha agar tubuh tetap sehat. Ada pun cara diet rendah gula yang melibatkan pengurangan asupan gula dan pemanis tambahan. 

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengurangi makanan yang mengandung banyak gula. Lantas, apa saja menu makanan rendah gula yang dapat membantu dalam keberhasilan diet? Simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

BACA JUGA:

Salmon

Ikan salmon terbilang aman dalam kombinasi diet penderita diabetes karena tinggi omega 3, yaitu lemak baik untuk membantu mengurangi komplikasi serangan jantung dan stroke. JAMA Internal Medicine yang dikutip dalam Everyday Health, menganjurkan setidaknya konsumsi ikan tinggi omega 3 minimal 2 kali seminggu. Kamu dapat memadukannya dengan sayuran rendah karbohidrat.

 

Biji-bijian Utuh

Pada saat hendak berbelanja atau makan di luar, jangan lupa untuk memilih biji-bijian utuh seperti quionia, beras merah, dan oat. Hal ini dikarenakan biji-bijian utuh termasuk makanan tinggi serat yang cocok dikonsumsi oleh untuk mengontrol gula darah. Pasalnya, mengonsumsi serat dapat membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga makanan lebih lambat dipecah menjadi glukosa.

 

Kale 

Kale merupakan makanan rendah gula yang juga cocok dikonsumsi saat Anda sedang membatasi asupan gula. Pasalnya, kale termasuk sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang mampu mencegah kenaikan kadar gula darah. Hal ini karena makanan tinggi serat umumnya akan lambat dicerna, sehingga kadar gula darah bisa stabil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: