Kamu Pejuang Diet? Ini 7 Makanan Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Tiap Hari, Cocok untuk Penderita Diabetes

Kamu Pejuang Diet? Ini 7 Makanan Rendah Gula yang Aman Dikonsumsi Tiap Hari, Cocok untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi makanan rendah gula-Foto: Unsplash.com/LouisHansel-

Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan seperti bluberi, stroberi dan jeruk juga bisa menjadi pilihan menu sehat untuk diet rendah gula kamu. Hal ini karena buah-buahan tersebut termasuk buah yang memiliki kadar indeks glikemik (GI) yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat dipecah menjadi glukosa atau gula darah. Jika angka indeks glikemik tinggi, semakin cepat pula asupan karbohidrat dipecah menjadi glukosa dan berkontribusi pada kenaikan kadar gula darah dalam tubuh.

 

Daging segar

Salah satu jenis makanan yang termasuk rendah gula yaitu daging segar. Daging sapi, domba, kalkun, dan ayam tidak mengandung gula bila masih segar dan belum diproses. Hal ini tidak termasuk daging yang sudah dikemas, seperti sosis, bakso, atau daging asap. Pasalnya, daging seperti ini biasanya sudah ditambahkan gula dan pengawet. Cara pengolahan jenis makanan ini pun terkadang dilapisi tepung roti yang tentu memiliki tambahan karbohidrat dari gula.

BACA JUGA:

Plain Greek Yogurt

Yogurt tanpa tambahan gula adalah pilihan camilan yang kaya protein dan rendah karbohidrat. Dibandingkan dengan yogurt biasa, Greek yogurt memiliki kandungan gula yang lebih rendah, tetapi tetap tinggi vitamin dan mineral. Selain itu, yogurt yang merupakan produk susu yang difermentasi, dapat berperan dalam mengatur gula darah, seperti yang ditunjukkan dalam studi pada orang dengan diabetes tipe 2.

 

Roti Gandum

Roti gandum merupakan makanan yang sering dijadikan sebagai menu sehat untuk diet. Hal ini karena makanan satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang terdapat di dalam roti gandum dapat memperlambat pengososngan perut sehingga membantu mengontrol gula darah. Oleh karena itu, makanan satu ini bisa menjadi salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai tambahan makanan untuk diet rendah gula. Nah, inilah daftar makanan rendah gula yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengurangi asupan gula. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan diskusikan dengan dokter atau ahli gizi guna memahami solusi yang tepat sesuai kondisi kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: