8 Makanan dan Minuman yang Buruk untuk Ginjal Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Apa Saja?

8 Makanan dan Minuman yang Buruk untuk Ginjal Jika Dikonsumsi Secara Rutin, Apa Saja?

Ilustrasi makanan perusak ginjal.-Foto: Unsplash.com/JaniceLin-

Minuman Beralkohol

Minuman yang dapat merusak ginjal dan perlu dibatasi konsumsinya adalah alkohol. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan diketahui turut memengaruhi kerja ginjal dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Karena itu, kondisi ini bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal hingga meningkatkan risiko gagal ginjal akut.

 

Jeruk

Meskipun kaya vitamin C, jeruk memiliki kandungan kalium yang tinggi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi jika ingin menjaga kesehatan ginjal. Penting untuk diingat, jika memiliki masalah pada ginjal, konsultasikan dengan dokter sebelum membuat perubahan dalam pola makan. Mengurangi konsumsi makanan tinggi kalium dan fosfor bisa menjadi langkah awal dalam menjaga kesehatan ginjal.

BACA JUGA:

Nasi Merah

Serupa dengan roti gandum, nasi merah perlu dihindari penderita penyakit ginjal karena memiliki kalium dan fosfor dalam jumlah tinggi dibanding nasi putih. Satu cangkir nasi merah matang mengandung 150 mg fosfor dan 154 mg kalium, sedangkan secangkir nasi putih matang hanya mengandung 69 mg fosfor dan 54 mg kalium.

 

Buah-buahan Kering

Makanan yang merusak ginjal berikutnya adalah buah-buahan yang sudah dikeringkan seperti plum dan kismis. Dalam satu cangkir buah kering rata-rata menyediakan 1.274 mg potasium dan jumlah tersebut bisa 5 kali lipat dari varian buah mentahnya sebelum dikeringkan.

 

Daging dalam Jumlah yang Banyak

Protein memang sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, namun ahli tidak merekomendasikan konsumsi dalam jumlah berlebihan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: