Banyak Khasiatnya, Ini 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Banyak Khasiatnya, Ini 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Manfaat bunga telang-Foto: Unsplash.com/ArturSoltysiak-

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan di dalam bunga telang yang disebut dengan proanthocyanidin diketahui dapat melancarkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti glaukoma, penglihatan kabur, katarak, mata lelah, dan kerusakan retina.

4. Melancarkan Haid

Manfaat bunga telang untuk melancarkan haid sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat. Jadi, selain minum jamu, kamu juga bisa meminum rebusan akar bunga telang untuk mengurangi nyeri haid.

Selain itu, bunga ini juga dapat meningkatkan kesuburan rahim bagi kaum perempuan.Cara mengolahnya sangat mudah, yaitu dengan merebus akar bunga telang yang berwarna Minum air rebusan tersebut secara rutin untuk melancarkan haid.

5. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Sekitar 51-52 persen bunga telang mengandung asam oleat. Asam oleat sendiri merupakan asam lemak yang biasa ditemukan pada minyak zaitun. Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, yaitu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.

BACA JUGA:

6. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah menurunkan kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Jika kolesterol dapat dikontrol, maka kesehatan organ jantung pun dapat terjaga dengan baik.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat bunga telang selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko hipertensi penyakit jantung.Senyawa yang ada di dalam bunga telang diklaim dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, dapat juga mencegah terjadinya kekakuan pada arteri, yang berpotensi menimbulkan masalah jantung.Kamu bisa mengolah ramuan bunga telang dalam bentuk teh. Caranya, Rendam 10 kelopak bunga telang di dalam air panas selama 15 menit. Lalu saring dan minum secara teratur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: