Banyak Khasiatnya, Ini 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Banyak Khasiatnya, Ini 7 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Manfaat bunga telang-Foto: Unsplash.com/ArturSoltysiak-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bunga telang atau Clitoria ternatea merupakan jenis bunga yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain memiliki tampilan cantik dan sering digunakan sebagai tanaman hias, bunga ini juga memiliki banyak khasiat, termasuk bagi kesehatan.

Manfaat bunga telang bagi kesehatan diperoleh dari beragam kandungannya, seperti ternatin, vitamin C, vitamin B1 dan B2, serta berbagai kandungan antioksidan (flavonoid, delphinidin, kaempferol, dan p-Coumaric acid).

Kamu bisa mendapatkan manfaat dari bunga telang dengan cara mengonsumsi teh bunga telang. Beberapa orang biasanya menambahkan campuran batang serai, air lemon, atau beberapa tetes jeruk nipis untuk menambah kesegaran rasanya.

Bunga telang kaya akan antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, dan bahkan berpotensi dalam pengobatan antikanker.Kandungan nutrisi yang ada dalam bunga telang antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, kaempferol, asam p-coumaric, dan banyak lagi.

BACA JUGA:

Ada pula sejumlah senyawa kimia lain yang terkandung dalam tumbuhan merambat satu ini, di antaranya ca-oksalat, triglucosida, fenol, saponin,flavonoid, alkaloid, hingga sulfur.

Untuk informasi manfaat bunga telang bagi kesehatan, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengontrol Tekanan Darah dan Gula Darah

Khasiat bunga telang untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh. Bunga telang mengandung senyawa antosianin yang dapat mengurangi kekakuan pembuluh darah arteri sehingga bisa melancarkan aliran darah. Secara tidak langsung, bunga telang dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Selain itu, bunga telang juga dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah. Dengan mengonsumsi teh bunga telang secara rutin, maka keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh pun akan terjaga, terutama pada penderita penyakit diabetes. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya.

2. Meringankan Gejala Depresi

Di dalam bunga telang terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Nah, asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: