5 Langkah Menghidrasi Kulit Wajah Agar Sehat, Kenyal dan Awet Muda, Intip Informasinya di Sini

5 Langkah Menghidrasi Kulit Wajah Agar Sehat, Kenyal dan Awet Muda, Intip Informasinya di Sini

Ilustrasi cara menghidrasi kulit wajah.-Foto: Unsplash.com/Kaeme-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Hidrasi kulit merupakan proses menjaga kelembapan dan keseimbangan air di dalam lapisan kulit.

Kulit yang kurang terhidrasi akan dapat terasa mengalami masalah seperti kulit kering, kulit terasa seperti tertarik, kemerahan, dan bahkan bersisik.

Perlu diketahui, faktor-faktor seperti paparan sinar matahari, polusi udara, cuaca ekstrem, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras, dan pola hidup tidak sehat dapat menyebabkan hilangnya kelembapan kulit.

Oleh sebab itu, kelembapan kulit harus dikembalikan dan dijaga melalui proses hidrasi. Dalam menjaga hidrasi kulit, penting untuk menjalankan rutinitas perawatan kulit dan memilih produk yang mengandung bahan pelembap seperti hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin. 

Cara merawatnya pun tentu mempunyai tantangan tersendiri, apalagi tidak semua produk perawatan kulit bisa langsung cocok.

Dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, di antaranya adalah:

BACA JUGA:

  1. Kulit terasa lebih kenyal sehingga membuat garis-garis halus dan kerutan di wajah memudar.
  2. Kulit terasa lebih segar dan bebas kusam.
  3. Mengontrol produksi minyak agar tidak berlebih pada kulit yang berminyak.
  4. Jerawat menjadi lebih jarang muncul karena produksi minyak tidak berlebihan. 
  5. Kulit tak mudah mengalami rasa gatal dan iritasi.
  6. Saat menggunakan produk makeup, foundation akan menempel lebih baik dan tidak akan mudah berubah menjadi lebih gelap setelah bercampur dengan minyak alami kulit yang berlebihan.

Setelah mengetahui manfaat menghidrasi kulit, selanjutnya akan dibahas beberapa cara menghidrasi kulit yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Adapun cara menghidrasi kulit adalah sebagai berikut:

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup memberi waktu bagi kulit untuk beregenerasi dan memperbaiki selnya. Selama tidur, kulit akan beristirahat dan di sinilah proses regenerasi kulit berlangsung.

Kurang tidur dapat mengganggu siklus regenerasi tersebut dan menyebabkan terjadinya dehidrasi kulit. Jadi, pastikan untuk selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam sekitar 7–9 jam.

Selalu Gunakan Tabir Surya

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat mungkin takut akan tekstur tabir surya yang berminyak.

Akan tetapi, menggunakan SPF non-komedogenik sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: