8 Manfaat Tanaman Okra Hijau yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Tanaman Okra Hijau yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman okra hijau-Foto: Instagram.com/@pelang_flora-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Okra adalah jenis sayuran musim panas yang mengandung sejumlah mineral, vitamin, antioksidan, dan serat yang baik. Secara biologis Okra digolongkan sebagai buah, namun lebih umum dimanfaatkan sebagai sayur dalam masakan.

Selain bebas lemak dan tinggi serat, okra hijau juga memiliki segudang nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta vitamin K. Tanaman ini juga mengandung berbagai mineral, seperti kalium, magnesium, dan natrium.

Cara mengolah buah okra hijau membutuhkan sedikit usaha karena okra cenderung berlendir dan lengker terutama ketika dipanaskan menjadi salah satu alasan mengapa okra kurang diminati.

Melihat berbagai kandungan nutrisi di atas, tak heran jika ada banyak manfaat okra hijau yang bisa diperoleh untuk kesehatan. Berkat kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat okra hijau yang bisa didapatkan untuk kesehatan

BACA JUGA:

Okra hijau bahkan juga baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kronis, salah satunya adalah diabetes. Berikut manfaat tanaman okra hijau untuk kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Mencegah Osteoporosis 

Okra, bersama denngan chard Swiss, arugula, dan bayam adalah sumber vitamin K dan kalsium yang sangat baik. Vitamin K berperan dalam pembentukan tulang dan pembekuan darah dan juga dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah kerusakan tulang.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah okra hijau berikutnya adalah dapat melindungi jantung. Manfaat buah okra ini didapat karena memiliki efek hepatoprotektif atau mampu melindungsi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas. Senyawa antioksidan dan serat yang terkandung pada buah okra hijau mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik dan terhindari dari masalah kesehatannya.

 

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat okra hijau dalam menurunkan kadar gula darah diperoleh dari kandungan seratnya yang tinggi. Serat dapat menstabilkan kadar gula darah dengan cara memperlambat laju penyerapan glukosa (gula) dari usus. Selain itu, karena indeks glikemiknya yang rendah, okra hijau juga cenderung tidak cepat meningkatkan gula darah. Inilah alasannya mengapa makan okra hijau mampu membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil. Bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna Okra memiliki kandungan serat yang tinggi, dan menurut penelitian, serat ini dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal. Selain itu, okra mengandung jenis serat bernama pektin dalam jumlah yang cukup besar. Pektin adalah serat prebiotik yang berperan seperti gel dan serat ini memberi nutrisi pada bakteri baik di dalam usus. Ketika mikrobioma usus dalam kondisi baik, ini akan meminimalkan peradangan, menjauhkan dari masalah kembung, dan memastikan pencernaan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: