Ustaz Adi Hidayat Terangkan Hukum Puasa bagi Ibu Menyusui selama Bulan Suci Ramadhan

Ustaz Adi Hidayat Terangkan Hukum Puasa bagi Ibu Menyusui selama Bulan Suci Ramadhan

UstazAdi Hidayat mengatakan ibu menyusui boleh tidak menjalankan puasa selama bulan Ramadhan, dan bisa membayar hutang puasa dengan tiga cara menurut ulama--IslamNews

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebentar lagi seluruh umat muslim di Indonesia akan menjalani ibadah puasa. Menjelang Ramadhan 2024, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan hukumnya orang berpuasa untuk ibu yang sedang menyusui sesuai dengan ajaran Islam yang tertuang dalam Al Quran dan hadist.

Ustaz Adi Hidayat menegaskan hukum puasa Ramadhan adalah wajib bagi seluruh umat muslim yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan.

Namun bagaimana dengan kondisi ibu yang sedang menyusui? haruskah tetap menjalankan ibadah puasa?

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadhan 2024 Dimulai? Cek Jadwal Sidang Isbat dan Link Live Streaming Ini

BACA JUGA:Niat Makan Sahur di Puasa Ramadan dan Doa Berbuka Puasa dari Nabi Muhammad SAW

BACA JUGA:Menu Sahur Anti Ribet saat Puasa Pertama Ramadhan 2024, Yuk Intip Resep dan Cara Membuatnya!

Menanggapi hal tersebut, Ustaz Adi Hidayat menjelaskan hukum puasa bagi ibu hamil dan menyusui.

Menurutnya, puasa merupakan hal wajib yang dijalankan bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan. Namun, ada beberapa orang yang diperbolekan tidak menjalankan ibadah puasa.

"Hukum asli puasa itu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan, tapi ada beberapa yang diperbolehkan tidak berpuasa," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa salah satu orang yang diperbolehkan tidak berpuasa adalah ibu yang sedang menyusui. Hal tersebut diperbolehkan dengan alasan keselamatan atas bayinya.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa seorang ibu yang sedang dalam fase menyusui, harus memperhatikan kesehatan diri serta bayi yang sedang disusuinya.

Sehingga atas dasar keselamatan itulah baginya keringan untuk diperbolehkan tidak menjalankan puasa selama Ramadhan.

Tetapi apakah dengan tidak berpuasa, ibu menyusui tidak perlu mengganti hutang puasanya?

Hal tersebut juga dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat, menurutnya beberapa ulama memiliki pandangan yang berbeda mengenai pengganti hutang puasa untuk ibu yang sedang menyusui ketika di bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: