Kenali Perbedaan GetContact dan Truecaller

Kenali Perbedaan GetContact dan Truecaller

Ilustrasi pelacakan nomor hp tak dikenal.-Foto: Unsplash.com/LindseyLaMont-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penggunaan smartphone telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, memudahkan komunikasi dan memberikan akses cepat ke berbagai informasi.

Namun, kehadiran panggilan tak dikenal atau SMS spam dapat mengganggu pengalaman pengguna. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa aplikasi yang ditujukan untuk membantu pengguna mengidentifikasi dan memblokir panggilan tak dikenal, dua di antaranya adalah GetContact dan Truecaller.

Truecaller merupakan aplikasi yang berbasis di Swedia yang didirikan pada tahun 2009. Sementara itu GetContact baru dirilis pada 2016 oleh perusahaan Getcontact LLP.

BACA JUGA:

Keduanya sama-sama memiliki basis pengguna yang besar, namun untuk penggunaan di Indonesia sendiri, mayoritas dan lebih umum menggunakan GetContact ketika ingin mengidentifikasi sebuah nomor ponsel.

Sedangkan, GetContact adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi dari sebuah nomor telepon baik yang dikenal dan tidak.

Aplikasi ini juga memberi penilaian apakah nomor tersebut dapat dipercaya atau mungkin merupakan panggilan spam. Pengguna juga dapat melaporkan atau memblokir nomor telepon yang dianggap sebagai spam.

Sedangkan Truecaller merupakan aplikasi yang menyediakan fitur “Caller ID” yang tidak ada pada GetContact. Fitur ini dapat mengidentifikasi identitas seluruh panggilan yang diterima baik pada kontak pengguna ataupun tidak secara langsung pada layar.

Aplikasi ini juga memiliki fitur “Spam Call Blocking” yang bisa untuk memblokir nomor telepon yang dianggap sebagai spam atau penipuan.

BACA JUGA:

Dari sisi keamanan privasi, GetContact dan Truecaller sama-sama memiliki kebijakan yang aman bagi pengguna. Pada GetContact, pengguna ditawarkan dapat mengubah setelan perizinan agar nomornya tidak dapat dilacak pada aplikasi.

Demikian perbedaan antara GetContact dan Truecaller. Dua aplikasi ini berguna untuk mencegah adanya penipuan dan dapat dijadikan alternatif karena memiliki fungsi yang mirip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: