Wajib Dicoba! Inilah Wisata Kuliner yang Jadi Incaran Wisatawan Asing dan Lokal Saat Berkunjung ke Nusa Penida

Wajib Dicoba! Inilah Wisata Kuliner yang Jadi Incaran Wisatawan Asing dan Lokal Saat Berkunjung ke Nusa Penida

Kuliner khas Nusa Penida, Bali.-Foto: Instagram.com/@helloputumade-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Nusa Penida merupakan sebuah pulau bagian dari kabupaten Klungkung, bali Indonesia yang terletak di sebelah tenggara bali yang dipisahkan oleh Selat Badung.

Dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida ini terkenal juga dengan kawasan selamnya di antaranya terdapat di Crystal Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

Pulau yang lebarnya seluas 202.8 km persegi ini menyajikan berbagai pemandangan alam yang menakjubkan. Tapi, bukan hanya itu saja yang membuat pulau ini menarik, Pulau Nusa Penida juga terkenal akan wisata kulinernya yang memiliki rasa enak dan nikmat untuk dicicipi para wisatawan yang berkunjung. 

Lantas, apa saja sih wisata kuliner di Nusa Penida yang terkenal dan wajib untuk dicicipi para wisatawan? Simak selengkapnya pada ulasan artikel dibawah ini!

BACA JUGA:

Bubur Ledok

Bubur Ledok adalah makanan khas dari Nusa Penida yang berupa sajian bubur, tetapi berbeda dari bubur pada umumnya. Bubur ini terbuat dari jagung yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan daun singkong, serta kuahnya ditambahkan dengan berbagai rempah-rempah khas yang membuatnya tambah nikmat. Sedangkan rasanya begitu gurih dan harganya juga sangat terjangkau sehingga pasti pas banget buat para backpacker. Bagi yang ingin mencoba hidangan ini kamu dapat menemukannya di berbagai tempat dan di pinggir jalan. 

 

Sate Lilit

Sate Lilit merupakan hidangan yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan bumbu rempah khas Bali seperti kemiri, serai, dan daun jeruk. Daging yang telah dibumbui kemudian ditusuk pada bagian batang serai dan dibakar hingga matang. Sate Lilit disajikan dengan nasi putih atau nasi kuning dengan sambal khas Bali.

 

Tipat Santok

Cacah makanan khas ini menjadi pengganti nasi pada jaman dahulu. Cacah terbuat dari Singkong atau Ubi yang di parut, setelah itu di kukus sampai matang setelah itu dihidangkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: