Asik! Pemerintah Kembali Salurkan 4 Bansos Pasca Pemilu, Cek Kategori dan Besarannya

Asik! Pemerintah Kembali Salurkan 4 Bansos Pasca Pemilu, Cek Kategori dan Besarannya

Pemerintah lanjutkan penyaluran 4 Bantuan Sosial kepada KPM usai Pemilu 2024-Foto: Yoga-Radarpena-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Sosial akan kembali melanjutkan penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Adapun sejumlah bansos tersebut sempat di tertunda penyalurannya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, dan akan dilanjutkan sesudah pesta demokrasi tersebut.

Diketahui penyaluran bantuan sosial yang akan kembali dilanjutkan oleh pemerintah setelah Pemilu 2024 adalah pencairan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan bantuan sosial beras 10 kg. Tidak hanya itu, pemerintah juga akan mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan terhadap sejumlah masyarakat yang terdampak.

BACA JUGA:Wajib Paham! Ini Syarat Penerima Bansos PKH 2024, Simak Cara Pencairan hingga Pendaftarannya

Sebelumnya, pemerintah tidak menyalurkan bantuan sosial kepada KPM di tanggal 14 Februari 2024 yang bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu 2024.

Walaupun sempat ramai terkait kabar bahwa pemerintah akan mencairkan bantuan langsung tunai sebesar Rp 200.000,- kepada masing-masing KPM di tanggal tersebut.

Yang ternyata penyaluran bansos tersebut dihentikan sementara waktu oleh pemerintah kepada PT Pos Indonesia berupa bantuan langsung secara tunai dan juga termasuk bantuan secara nont tunai yang biasa di salurkan kepada KKS.

Namun kabbar gembira untuk KPM dimana, setelah melaksanakan Pemilu 2024 ada beberapa program bantuan sosial yang akan dilanjutkan oleh Kementerian Sosial.

BACA JUGA:Catat! Info Bansos BLT Terbaru Jokowi: Cair di Februari 2024 Sekaligus!

BACA JUGA:Cek Penerima dan Besaran Bansos PKH 2024, Ibu Hamil dan Balita Dapat Bantuan Rp3 Juta

Berikut ini daftar program bantuan yang akan dilanjutkan oleh Kementerian Sosial:

Bansos BPNT Tahap 1 2024 

Program Bansos BPNT Tahap 1 2024 yang telah dimulai sejak akhir bulan Januari akan terus berlanjut setelah Pemilu. Penyaluran BPNT dilakukan melalui PT Pos Indonesia dan juga melalui kartu KKS yang diterbitkan oleh bank-bank seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

PKH Tahap 1 2024 Pada tanggal 15 Februari, PT Pos Indonesia akan kembali menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 1 2024. Program ini memberikan bantuan untuk 3 bulan pencairan melalui kantor pos dan untuk 2 bulan pencairan melalui kartu KKS. Besaran bantuan PKH bervariasi tergantung pada kategori keluarga dan jumlah anggota rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: