Ingat ! Jarang yang Tahu, Makan Saat Larut Malam, Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Ingat ! Jarang yang Tahu, Makan Saat Larut Malam, Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Dampak buruk malam larut malam bagi kesehatan Foto Babel Pos - Disway --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Kebiasaan makan di malam hari ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan manusia. Terlebih  makanan yang di masukkan ke dalam perut jumlahnya cukup banyak 

Kadang-kadang kita tak menyadari kebiasaan makan di malam hari, sehingga melakukan kebiasaan tersebut setiap malam.

Padahal  lazim diketahui, malam hari bukan waktu yang tepat bagi manusia melakukan aktivitas seperti makan, apalagi yang dimakan merupakan makanan berat seperti nasi, daging-dagingan sayur-sayuran dan lain-lain

Malam hari, bagi manusia adalah waktu untuk  beristirahat, setelah beraktivitas atau berkegiatan sejak pagi hari. istirahat yang biasa dilakukan manusia di malam hari adalah tidur  atau membaringkan tubuh.  

Mudah ditangkap pengertian, saat kita melakukan kegiatan pokok seperti makan dan istirahat dengan waktu yang ditukar-tukar pasti memiliki dampak samping yang tidak baik.

Antara lain menukar-nukar waktu itu seperti, Saat waktu makan tiba, kita justeru melakukan kegiatan lain seperti tidur.

BACA JUGA:Sederet Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Bahaya! Inilah Dampak Buruk Untuk Kesehatan Jika Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Lalu saat waktu untuk  tidur telah tiba, kita justru melakukan aktivitas atau kegiatan makan di (larut malam). 

Dilansir dalam laman Halodoc.com disebutkan ahli bersepakat membatasi atau menghindari makanan sebelum tidur di malam hari, cara ampuh untuk  penurunan berat badan

Selain itu peningkatan kesehatan secara optimal, bisa diperoleh kalau menghidari makan sebelum tidur atau tengah malam. 

Penelitian dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine, menyebutkan makan larut malam bisa mengakibatkan penambahan berat badan. Dampak makan larut malam, bisa memicu naiknya kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.

Sementara itu  kadar glukosa atau kadar glukosa darah adalah jumlah glukosa yang dimiliki seseorang dalam aliran darahnya pada waktu tertentu. Sedangkan insulin dalam tubuh adalah suatu hormon polopeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat.

Makan (larut malam) meningkatkan profil negatif dari berat badan energi,dan penanda hormon seperti glukosa dan insulin yang lebih tinggi, yang terlibat dalam masalah diabetes, dan kolesterol serta trigliserida yang terkait dengan masalah kardiovaskular dan kondisi kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: