Bahaya! Inilah Dampak Buruk Untuk Kesehatan Jika Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Bahaya! Inilah Dampak Buruk Untuk Kesehatan Jika Sering Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Ilustrasi bahaya bermain ponsel saat menjelang tidur.-Foto: Unsplash.com/EddyBillard-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Terkadang kita sangat sulit untuk meninggalkan ponsel di meja dan melupakannya sejenak, bahkan untuk beberapa jam. Tetapi bermain ponsel tepat sebelum tidur dapat memengaruhi kesehatan kamu lebih dari yang kamu sadari.

Menatap ponsel/gadget sebelum tidur tampaknya menjadi kebiasaan sepele yang dilakukan semua orang, padahal kebiasaan ini dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan otak dan kualitas tidurmu.

Bahayanya main handphone sebelum tidur diakibatkan dari paparan radiasi cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel. Cahaya ini sebenarnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Jika layar digunakan dalam ruang gelap, cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan mata. Parahnya lagi, bisa berdampak bagi kesehatan.

BACA JUGA:

Berikut ini adalah beberapa dampak main ponsel sebelum tidur yang harus kamu waspadai, simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur

  • Paparan Cahaya Biru Menurunkan Melatonin

Salah satu bahaya dari main HP sebelum tidur ialah menurunnya melatonin. Melatonin adalah hormon yang otak hasilkan saat kondisi gelap. Melatonin membantu mengatur ritme sirkadian, termasuk mekanisme tidur dan bangun.

Ketika Anda bermain HP sebelum tidur, otak menganggap cahaya biru dari HP sebagai cahaya pada siang hari. Akibatnya, kadar melatonin menurun sehingga menjadi penyebab insomnia, gangguan mood, dan menurunnya kualitas tidur.

  • Menurunkan Kualitas Tidur

Saat menatap layar handphone, cahaya biru yang terpancar diketahui dapat menghambat produksi hormon melatonin. Menurunnya produksi dan pelepasan hormon ini dapat membuatmu lebih waspada dan terjaga serta menyulitkan proses tidur. Alhasil, esok harinya kamu jadi tidak berenergi dan sulit konsentrasi.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget juga akan menghambat fase tidur rapid eye movement (REM). Padahal, fase tidur ini penting untuk memulihkan fungsi kognitif dan kestabilan emosi.

  • Kesehatan Mata Menurun

Main handphone dalam jangka waktu yang lama berpotensi tinggi mengganggu indra penglihatan. Hal ini dikarenakan pancaran sinar biru dari layar handphone yang dapat menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi macular. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan.

Meski penelitian belum memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari handphone untuk menyebabkan kerusakan pada mata, namun kamu tetap dianjurkan untuk membatasi penggunaan handphone di malam hari.

  • Otak Menjadi Lelah

Dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan selanjutnya juga dapat membuat otak mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

  • Membuat Lelah Saat Bangun Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: