Melihat Bandara Terbesar di Sumatera dengan Daya Tampung 8,1 Juta Penumpang

Melihat Bandara Terbesar di Sumatera dengan Daya Tampung 8,1 Juta Penumpang

Bandar Udara Internasional Kualanamu, paling besar di Pulau Sumatera Foto : CNBC Indonesia --

JAKARTA,RADARPENA, CO.ID- Bandara Internasional Kualanamu di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan Bandar Udara terbesar di Pulau Sumatera.

Jaraknya hanya 26 KM dari Titik Pusat Ibu Kota Sumatera Utara, yakni Kota Medan.

Dikutip dari laman Index Angkasa Pura 2, Semula Bandara merupakan bekas areal perkebunan PT  Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa terletak di Beringin, Deli Serdang Sumut.

BACA JUGA:Pinjaman Online BCA 2024 Rp10 Juta Langsung Cair Hanya Gunakan KTP, Begini Caranya!

Pembangunan Bandara ini merupakan bagian dari MP3EI untuk  menggantikan Bandar Udara internasional Polonia yang telah berusia lebih dari 85 tahun. 

Bandara Internasional Kualanamu diresmikan dibuka pada 25 Juli 2013 dan diresmikan pemakaiannya oleh Presiden RI kala itu, Soesilo Bambang Yudhoyono pada 27 Maret 2024.

Status Bandara ini terbesar di Pulau Sumatera yang jumlahnya terdapat di setiap Provinsi di Pulau Sumatera. Bahkan di Provinsi Sumatera Utara saja ada 7 buah Bandara.

Selain sebagai Bandara Udara (Bandara) paling besar di Pulau Sumatera, Kualanamu merupakan bandara internasional terbesar ke-3 di Indonesia setelah Bandara  Soekarno-Hatta Internasional  di Provinsi Banten dan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka Jawa Barat.

BACA JUGA:Masa Tenang Pemilu 2024, Bawaslu Bersih-Bersih APK

Pembangunan Bandara Internasional di provinsi Sumatera sangat tepat, lantaran tempat ini sudah menjadi kawasan wisata internasional, serta pusat bisnis Indonesia untuk  dunia internasional, dan menjadi gerbangnya Pulau Sumatera Indonesia. 

Bandara Internasional Kualanamu memiliki luas sekitar 1,650 hektar. Letaknya berada di Kabupaten Deli Serdang Sumut.

Lua Terminal Kualanamu mencapai 6,5 hektar, fasilitas kargo 1,3 hektar dan dilengkapi dengan 8 garbrata. 

BACA JUGA:Intensitas Hujan Masih Tinggi di Sebagian Wilayah, Ini Prakiraan Cuaca BMKG Minggu 11 Februari

Garbrata adalah jembatan yang berdinding dan beratap yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat terbang untuk  memudahkan penumpang masuk ke dalam pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: