Dumpling, Dimsum Khas Tiongkok Melambangkan Kemakmuran, Jadi Rebutan saat Imlek!

Dumpling, Dimsum Khas Tiongkok Melambangkan Kemakmuran, Jadi Rebutan saat Imlek!

Dumpling, dimsum khas Tiongkok yang wajib ada dalam perayaan Imlek sebagai tanda kemakmuran--CairoFood

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sudah tidak sabar sebentar lagi akan ada perayaan penting yakni Tahun Baru China atau Perayaan Imlek 2024.

Tentunya sudah banyak persiapan untuk menyambut hari yang penting ini, banyak kegiatan juga sudah dirancangkan dalam memeriahkan perayaan setahun sekali ini.

Salah satu hal yang nampak dalam sebuah perayaan adalah makanan. Makanan dalam perayaan merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam perayaan Imlek.

Sebab banyak makanan yang dipercaya bisa menjadi simbol kebahagiaan, keberuntungan, kemakmuran, dan masih banyak hal lain lain.

Sehingga menu makanan tersebut wajib disajikan dalam perayaan Imlek dan dimakan bersama di tengah kehangatan kumpul bersama keluarga.

BACA JUGA:8 Minuman Khas Tionghoa yang Disajikan saat Imlek, Ada Arak hingga Minuman dari Jeruk

Ada banyak jenis makanan yang disajikan dalam perayaan Imlek, salah satu yang jarang banyak diketahui adalah Dumpling. Ada yang penasaran dengan Dumpling?

Dumpling berasal dari Tiongkok dan merupakan salah satu jenis dimsum yang paling terkenal di dunia. Dumpling ditemukan semenjak 1700 tahun yang lalu.

Seiring berjalannya waktu dumpling menjadi makanan yang wajib ada ketika ada perayaan Imlek, karena bentuknya seperti kapal emas yang menyerupai mata uang zaman dahulu. Sementara itu di negara asalnya dumpling dikenal dengan nama jiao zi.

Dumpling yang awalnya menjadi makanan untuk menyembuhkan penyakit kini dapat dinikmati secara luas di berbagai kesempatan. 

Jiao-zi sendiri sebenarnya sudah menjadi menu makanan sehari-hari bagi masyarakat Tinghoa, sehingga tidak lagi membuatnya sangat eksklusif. 

Namun, ketika perayaan Imlek, jiao-zi adalah makanan wajib yang harus ada dalam sajian. Hal tersebut karena hidangan ini merupakan simbol meninggalkan tahun yang lalu dan menyambut tahun yang baru.

Jiao-zi juga di bentuk dengan mirip seperti mata uang Tiongkok kuno, hal tersebut membuat pangsit menjadi lambang kemakmuran di perayaan Imlek. 

Walaupun sering di nikmati, ketika Imlek datang biasanya anggota keluarga akan berkumpul bersama untuk membuat pangsit yang akan di sajikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: