Jelang Tahun Baru Imlek 2024, Ini 9 Tradisi yang Dipercaya Bawa Keberuntungan

Jelang Tahun Baru Imlek 2024, Ini 9 Tradisi yang Dipercaya Bawa Keberuntungan

Persiapan jelang perayaan Imlek di Jateng, Kelenteng Hok Teng Tong di pusat Kota Jepara dibersihkan--pexels.com/Le Minh

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Imlek, atau Tahun Baru Imlek, adalah perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa, jatuh pada 10 Februari 2024

Seiring datangnya Tahun Baru Imlek 2024, keluarga Tionghoa merayakannya dengan tradisi khas dan keunikannya masing-masing. 

Setiap keluarga memiliki cara sendiri dalam merayakan Tahun Baru Imlek, mulai dari memasak hidangan khas hingga mempersembahkan persembahan kepada leluhur.

Tradisi turun-temurun menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Tahun Baru Imlek. Orang-orang Tionghoa meyakini bahwa melibatkan diri dalam kegiatan tradisi akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

Berikut ini beberapa tradisi Tahun Baru Imlek yang dianggap membawa keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa seperti dikutip dari Top China Travel.

BACA JUGA:

1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah menjelang tahun baru merupakan tradisi Tionghoa kuno. Dengan membersihkan bagian dalam dan luar rumah, diharapkan mengusir nasib buruk yang terkumpul sepanjang tahun. 

Ritual ini diyakini membawa keberuntungan baru di tahun yang akan datang. Rapikan rumah, hilangkan kekacauan, dan sambutlah tahun baru dengan kesucian dan energi positif.

2. Mendekorasi rumah menjadi cantik

Mendekorasi rumah adalah langkah positif untuk memulai tahun baru. Membersihkan segalanya tidak hanya menciptakan ruang yang bersih, tetapi juga mempersiapkan fondasi untuk transformasi visual. 

Tahun baru seringkali dirayakan dengan elemen tradisional seperti bunga, kuplet, simpul Cina, dan gambar tahun baru yang melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Warna merah dan emas, sebagai dominan, menciptakan atmosfer yang semarak. Potongan kertas di jendela menambah sentuhan artistik dan ceria. 

Tambahkan buah-buahan segar seperti apel, jeruk, pomelo, dan anggur untuk menyimbolkan kemakmuran dan keberuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: