Perpanjangan Jalur Kereta Cepat Whoosh Tahap Pertama Sampai Yogyakarta

Perpanjangan Jalur Kereta Cepat Whoosh Tahap Pertama Sampai Yogyakarta

Kereta Cepat Whoosh.-Foto: Instagram.com/@keretacepat_id-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jalur kereta cepat Whoosh dari arah Jakarta-Bandung akan diperpanjang oleh PT kereta cepat Indonesia-China (KCIC) menjadi Jakarta-Surabaya secara bertahap. 

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan bahwa tahap pertama perpanjangan jalur kereta cepat Whoosh ini akan dilakukan hingga Yogyakarta

Slamet Riyadi menuturkan pihaknya tengah membahas perpanjangan proyek kereta cepat dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan lainnya.

Dia mengatakan, untuk tahap awal perpanjangan kereta cepat, pemerintah rencananya akan membangun jalur hingga ke Jogja terlebih dulu.

BACA JUGA:

"Ada kemungkinan jalurnya dibangun sampai Jogja dulu. Kalau sampai Surabaya langsung mungkin masalahnya di waktu dan biaya," kata Dwiyana di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

Direktur Utama KCIC itu memastikan perencanaan pembangunan jalur kereta cepat sampai Surabaya ini akan lebih baik dari kereta cepat Jakarta-Bandung lantaran KCIC telah memiliki pengalaman dari membangun kereta cepat Jakarta-Bandung. 

"Kita punya banyak pengalaman dari Jakarta-Bandung mestinya lebih okelah untuk nantinya extend ke Jogja dan Surabaya," tuturnya.

Dwiyana menyebutkan, saat ini rencana perpanjangan kereta cepat Whoosh sampai Surabaya ini masih digodok sehingga belum dapat dipastikan trase kereta cepat Jakarta-Surabaya akan melalui daerah mana saja. 

Lantaran rencana ini masih dalam tahap awal, trase kereta cepat Jakarta-Surabaya juga kemungkinan masih belum dibuka untuk publik karena menghindari para spekulan tanah.

"Sekarang sedang penggodokan untuk perencanaan. Kalau trasenya diumumkan ya spekulan-spekulan tanah main semua," jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pembahasan trase jalur kereta api cepat Jakarta-Surabaya ini masih dibahas dengan para pemangku kepentingan terkait. 

"Sedang dalam tahap pembahasan ruang lingkup dengan kementrian terkait termasuk terkait jalur yang akan dilalui," tutur Eva kepada Kompas.com, pada Rabu 24 Januari 2024. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: