Lengkap! Doa Sesudah Mendengar Azan, Singkat dan Mudah untuk Dihafal, Serta Manfaatnya

Lengkap! Doa Sesudah Mendengar Azan, Singkat dan Mudah untuk  Dihafal, Serta Manfaatnya

Lafaz doa sesudah mendengar azan Foto : BersamaDakwah --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Sebelum mengerjakan salat fardhu 5 waktu di Masjid, terlebih dahulu akan dikumadangkan azan. Azan adalah kalimat-kalimat yang diserukan oleh Muadzin untuk  menandakan waktu salat fardhu telah tiba.

Tujuan mengumandangkan azan , juga sebagai himbauan sekaligus panggilan kepada kaum Muslimin  untuk  segera menuju Masjid dan menunaikan salat. 

Setelah azan dkumandangkan, beberapa saat kemudian dilantunkan iqamah yang fungsinya memberitahukan jika salat akan segera di mulai.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Azan adalah seruan untuk mengajak orang melaksanakan salat.

BACA JUGA:10 Negara Terpadat di Dunia Ini Merupakan Teritori Kecil, Ada Tetangga Indonesia

Setiap akan melaksanakan salat fardhu mulai dari salat Dzhuhur, Asar, Maghrib, Isya dan Shubuh di Masjid-masjid akan didahului dengan kumandang azan yang sunnahnya dilantunkan dengan suara yang kencang dan merdu.

Tujuannya agar orang yang mendengar dapat tergugah dan mendengar secara jelas sehingga tertarik untuk  datang menuju Masjid. 

Lafaz azan dalam setiap salat itu sama, hanya saat mengumandangkan azan shubuh setelah lafaz Hayya a'allal Falah, diteruskan dengan bacaan atau lafaz Asholla tu khairuum minnan nau'um yang berarti salat itu lebih baik dari pada tidur.

Setelah azan dikumandangkan ada sunnah dari Baginda Nabi Muhammad SAW untuk  membaca doa setelah mendengar azan.

BACA JUGA:Hasil Indonesia Masters 2024: Ginting Lolos Perempat Final Usai Singkirkan Wakil Malaysia

Doa setelah mendengar azan itu yakni seperti berikut ini. 

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد"

Arab-Latin : Allahumma rabba haadzihid da' watittaammah Wash shaalati qaa-imah Aati muhammadi wasiilata wa fadhiilah wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhiliful mi'ad.

Artinya : Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi  Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: