Update Survei Elektabilitas Jelang Simulasi Debat Cawapres Putaran Kedua, Prabowo-Gibran Tetap Unggul!

Update Survei Elektabilitas Jelang Simulasi Debat Cawapres Putaran Kedua, Prabowo-Gibran Tetap Unggul!

Debat Capres-Cawapres 2024.-Foto: Instagram.com/@magetan_scenery-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Simulasi dua putaran ini dilakukan lantaran hingga Jumat 19 Januari 2024, dan belum ada satu pasangan calon pun yang menyentuh angka 50 persen. Namun, pasangan Prabowo-Gibran lebih unggul dibanding dua paslon lain.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha mengatakan, elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat sebesar 46,7 persen. Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat elektabilitas sebesar 26,9 persen. 

"Pasangan nomor 1, Anies-Muhaimin memperoleh elektabilitas 26,9 persen. Paslon nomor 2 Prabowo-Gibran memperoleh 46,7 persen," ujar Hanta Yudha dalam pemaparan hasil survei yang digelar secara daring pada Jumat, 19 Januari 2024.

Lebih lanjut, Hanta menjelaskan bahwa elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sebesar 20,6 persen.

BACA JUGA:

Dalam simulasi head to head, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul hingga 57 persen dibanding Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan 31,3 persen. Sebanyak 11,7 persen belum menentukan pilihan jika dua paslon tersebut yang maju putaran kedua.

"Tapi data ini diambil pada awal Januari, sedangkan putaran kedua berlangsung Juni 2024, masih setengah tahun kemudian. Dinamika politiknya sangat banyak," tambah Hanta Yuda.

Survei ini dilakukan pada 1.220 responden dari seluruh wilayah di Indonesia. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Poltracking memiliki margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

LSI Denny JA juga merilis survei elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden 2024. Survei menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 46,6%.

Survei ini dilakukan pada 3-11 Januari 2023 dengan jumlah responden 1.200. Teknik pengumpulan data survei ini menggunakan wawancara tatap muka dengan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9%.

Peneliti Senior LSI Denny JA Ardian Sopa mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran berada di posisi pertama dengan 46,6%. Kemudian diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

BACA JUGA:

"Di awal Januari 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan elektabilitas sebesar 46,6%, kemudian di urutan kedua Ganjar Prabowo-Mahfud Md di angka 24,8%, kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,8%," kata Ardian dalam rilis survei yang disiarkan melalui YouTube LSI Denny JA, Kamis 18 Januari 2024.

Ardian mengatakan suara tidak sah dalam survei ini adalah 0,5%. Sementara responden yang belum menentukan pilihan 5,3%. Lebih lanjut, Ardian menyebut berdasarkan survei pada awal Januari ini, Prabowo-Gibran unggul telak. Dia unggul sebanyak 24% dari Ganjar-Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: