Menkeu Sri Mulyani Akhirnya Buka Suara Soal Dirinya yang yang Diisukan Mundur Dari Kabinet Jokowi

Menkeu Sri Mulyani Akhirnya Buka Suara Soal Dirinya yang yang Diisukan Mundur Dari Kabinet Jokowi

Menteri Keuangan Sri Mulyani.-Foto: Instagram.com/@grebe.official-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Sri Mulyani akhirnya buka suara terkait terpaan isu mundur dari kabinet Jokowi. Tak menyebut bahwa isu mundurnya dari kursi Menteri Keuangan sebagai hoaks. 

Ia juga bahkan bungkam saat awak media mencoba memastikan apakah benar sempat diajak mundur oleh Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri. Ia langsung bergegas masuk ke dalam mobil. 

"Saya bekerja, bekerja," ujar Sri saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 19 Januari 2024. Sri Mulyani menjawab pertanyaan soal isu betul tidaknya ia mundur dari kabinet Jokowi.

Sri Mulyani tak bicara banyak. Ia hanya bilang bahwa dirinya masih bekerja hingga saat ini. Sebelumnya, isu mundur Sri Mulyani disampaikan oleh ekonom senior Faisal Basri. Menurutnya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu paling siap untuk meninggalkan kabinet.

BACA JUGA:

Faisal mengungkapkan para menteri teknokrat ini disebut sudah tak nyaman lagi berada di Kabinet Indonesia Maju. Alasannya karena kepala negara dinilai sudah melanggar aturan dengan menggunakan kekuasaan demi kepentingan politik.

"Saya ngobrol-ngobrol kan dengan petinggi-petinggi partai dan macam-macam, nah muncul katanya yang paling siap itu Ibu Sri Mulyani, Pak Basuki juga, dalam kaitannya dengan Gibran ini ya karena ini sudah beyond akal sehat begitu," kata Faisal Basri dalam program Closing Bell CNBC Indonesia, Kamis, 18 Januari 2024.

Namun, sikap fokus dan ketegasannya dalam melaksanakan tugas sebagai Menteri Keuangan tetap terlihat, menciptakan ketegangan di tengah perbincangan politik yang berkembang.

Menurut Faisal jika Sri Mulyani dan Basuki memilih mundur adalah hal yang logis. Pasalnya, teknokrat itu orang yang memiliki nilai etik dan moral yang kuat, baik itu ekonom seperti Sri Mulyani, maupun non-ekonom seperti Basuki.

"Teknokrat itu memiliki standar etika tidak tertulis. Jadi kalau dia diminta oleh atasannya yang akhirnya melanggar aturan, dia bilang 'sorry nggak mau, tidak bisa, kalau bapak mau terus atau ibu mau terus silakan saya mundur. Itu biasa di mana-mana," tutur Faisal.

Sri Mulyani juga sempat ditanya apakah benar diajak mundur ekonom Faisal Basri, dia juga ditanya apakah isu mundur ini dikarenakan ada masalah dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Namun, dia hanya diam seribu bahasa menanggapi hal tersebut sambil langsung masuk ke dalam mobil dinasnya. Sementara itu Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Deni Surjantoro menyatakan sejauh ini Sri Mulyani sebagai Bendahara Umum Negara masih tetap menjalani tugasnya menjaga keuangan negara.

BACA JUGA:

"Menteri Sri Mulyani tetap menjalani tugas menjaga Keuangan Negara secara profesional dan bertanggung jawab sesuai tata kelola yang baik dan sesuai peraturan perundangan," kata Deni dalam pernyataannya secara tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: