Penting! Imunisasi Polio Bagi Bayi dan Anak Berguna Cegah Kelumpuhan dan Kematian

Penting! Imunisasi Polio Bagi Bayi dan Anak Berguna Cegah Kelumpuhan dan Kematian

Imunisasi penting bagi Bayi dan Anak, Pemberian imunisasi Jenis tetes kepada Bayi Foto Mitra Keluarga --

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Imunisasi Polio sangat penting diberikan bagi bayi dan anak dalam masa tumbuh kembang. 

Bayi dan anak yang mendapatkan imunisasi folio akan terhindar dari penyakit folio yang dapat membuat si anak lumpuh, bahkan bisa berujung kepada kematian atau meninggal dunia (MD).

Pemberian imunasasi folio kepada bayi atau anak tidak boleh terlupakan oleh orang tua. Kedua orang tua harus menghafal berbagai macam pemberian imunasasi diantaranya imunisasi polio  sejak pertama kali anak tersebut lahir.

lantas kapan waktu yang seharusnya diberikan imunisasi kepada bayi dan dimana imunisasi folio bisa diperoleh?

BACA JUGA:Resmi! Jadwal Cuti Bersama ASN di 2024, Total Ada 10 Hari

Puskesmas-puskemas terdekat di wilayah anda tinggal akan siap membantu memberikan imunisasi polio kepada buah hati anda. 

Sangat penting diketahui, oleh kedua orang tua yang namanya virus tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dicegah saja, termasuk penyakit Polio. Cara pencegahan polio dengan memberikan imunisasi Polio sejak masa usia bayi

Imunisasi polio, sendiri sudah tersebar di seluruh Indonesia baik dalam bentuk tetes (OP) dan suntik (IPV). 

Imunisasi polio tetes  (OPV) diberikan sebanyak 4 kali, yaitu pada usia bayi, 1, 2 , 3 dan 4  bulan. Sedangkan Imunisasi suntik (IPV) diberikan 1 kali pada usia bayi 4 bulan.

Sangat penting diketaui oleh orang tua, jika pada usia tersebut bayi belum mendapatkan imunisasi polio secara lengkap, segeralah kunjungi dokter Spesialis Anak untuk  mendapatkan imunisasi lengkap 

BACA JUGA:Prabowo Ungkap soal Tanah 340 Ribu Hektare sebagai Milik Negara

Berikut ini Contoh kasus bayi yang tak diberi imunisasi polio adalah, satu tahun pertama si bayi keadaannya normal. 

Namun tiba-tiba  si bayi terjatuh karena satu kakinya tak mampu menopang berat badan. Alhasil kaki si bayi tumbuh tidak normal, alias mengecil dari ukuran yang seharusnya. keadaan ini bisa membuat anak cacat.

Penyebab folio ditularkan oleh virus, yang sifatnya sangat menular dan cukup ganas. Penyebaran virus polio terjadi melalui fekal-oral, yaitu kotoran dari tinja yang terkontaminasi melalui air atau makanan yang di konsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: