Debat Panas! Skor Rendah Diberikan Pada Kemenhan oleh Ganjar dan Anies

Debat Panas! Skor Rendah Diberikan Pada Kemenhan oleh Ganjar dan Anies

Teoritisnya, Anies juga menyoroti kesejahteraan para prajurit TNI. Dia menilai, kebijakan pemerintah saat ini untuk kesejahteraan para prajurit justru lebih parah. Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kenaikan gaji para prajurit TNI dilakukan hingga sembilan kali.

Namun pada era Jokowi, kenaikan gaji hanya dilakukan sebanyak tiga kali. "Selama era ini hanya naik gaji 3 kali dan akan naik nanti tahun depan karena menjelang pemilu mungkin naik gajinya," kata Anies menyentil.

Selain itu, Anies juga menyebut, pemerintahan saat ini tidak serius memperhatikan kesejahteraan prajurit. 

Hal itu terlihat dari tunjangan kinerja (tukin) yang hanya 80 persen. Sedangkan di kementerian lainnya, justru para menterinya mengusahakan peningkatan tukin.

 

Masalah alutsista bekas pun juga tak luput dari sorotan Anies. 

Menurut dia, alutsista bekas sangat berisiko terhadap keselamatan prajurit TNI. 

 

"Mereka bekerja keras menjaga setiap jengkal tanah republik ini. Tetapi mereka tidak didukung dengan policy," ujar Anies.

 

Anggaran Kementerian Pertahanan era Prabowo Subianto menjadi salah satu fokus utama debat capres 2024 kemarin malam. 

Sepanjang kepemimpinan Prabowo, anggaran Kementerian Pertahanan periode 2020-2024 mencapai Rp 692,92 triliun atau hampir Rp 700 triliun.

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, terlibat diskusi panas dengan capres nomor urut 1, Anies Baswedan, dalam debat calon presiden peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 7 Januari 2024.

 

Prabowo bertanya kepada Anies terkait pernyataan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, dalam suatu kesempatan beberapa waktu lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: