Metode Pengembalian Uang Tiket dari KAI Pasca Terjadinya Kecelakaan KA Turangga

Metode Pengembalian Uang Tiket dari KAI Pasca Terjadinya Kecelakaan KA Turangga

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memastikan pengembalian dana atau refund sebesar 100 persen atau penuh. Bagi calon penumpang bisa melakukan pembatalan perjalanan secara online.

Salah satunya mengakses aplikasi resmi, yakni Access by KAI. Kecelakaan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya tersebut mengakibatkan beberapa perjalanan kereta dibatalkan.

Atas kejadian kecelakaan ini, PT KAI (Persero) memastikan semua pelanggan terdampak bisa melakukan pembatalan tiket perjalanan dengan refund 100% di luar bea pemesanan.

Kemudian bagi penumpang yang perjalanannya terlambat, KAI juga mengaku akan memberikan sejumlah kompensasi.

BACA JUGA:

"Bagi pelanggan yang perjalanan KA-nya terdampak apabila akan membatalkan perjalanannya, bea dikembalikan sebesar 100% dan pemberian service recovery bagi pelanggan KA yang keretanya mengalami keterlambatan," kata Manager Humas Daop 5 Purwokerto PT KAI Feni Novida Saragih dalam keterangan resminya, Jumat 5 Januari 2024.

KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA yang terjadi. Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi 2 rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

Lantas bagaimana cara melakukan pembatalan tiket yang terdampak insiden KA Turangga ini?

Cara Membatalkan Tiket Kereta Terdampak Insiden KA Turangga dengan Kode Booking

Dalam catatan detikcom, proses pembatalan tiket kereta api dapat dilakukan dengan kode booking melalui mesin tiket mandiri yang terdapat di stasiun. Berikut langkah-langkahnya:

BACA JUGA:

  1. Datang ke stasiun yang memiliki mesin tiket mandiri atau check in counter (CIC)
  2. Pilih menu "Pembatalan"
  3. Masukkan kode booking tiket yang akan dibatalkan
  4. Isi NIK yang tertera di tiket yang akan dibatalkan
  5. Setelah itu, klik "Cari". Selanjutnya, akan muncul informasi terkait tiket kereta yang akan dibatalkan. Pastikan informasi yang tertera di layar sudah benar
  6. Klik "Pilih Semua", lalu klik "Lanjutkan"
  7. Isi kolom "Nama Bank, "Nomor Rekening", dan "Nama Pemilik Rekening"
  8. Lalu, isi nomor telepon dan alamat email yang akan menerima transfer pembatalan
  9. Klik "Lanjutkan"
  10. Cek kembali informasi yang tertera di layar
  11.  Klik centang "Saya Telah Menyetujuinya"
  12.  Klik "Selesai"
  13. Lalu, tiket pembatalan akan tercetak

Sebagai informasi, insiden kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya ini telah menewaskan sebanyak 4 orang kru kereta yang sedang bertugas. Terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Pramugara, dan Security.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: