Doa Awal Tahun, Minta Perlindungan Allah SWT dan Diberikan Karunia yang Besar

Doa Awal Tahun, Minta Perlindungan Allah SWT dan Diberikan Karunia yang Besar

Perihal membaca doa awal tahun ini, terdapat dua pendapat, ada yang menyebutkan bahwa membaca doa diawal tahun termasuk yang dianjurkan, sedangkan yang lain berpandangan jika doa tersebut bukan termasuk anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Minum Teh Tawar Hangat, untuk Kesehatan Tulang hingga Menurunkan Berat Badan

Penting diperhatikan adalah agar kita mengerjakan adab-adab berdoa, tujuannya supaya doa yang kita panjatkan kehadirat Allah dapat terkabul.

Beberapa adab doa yang umum diketahui antara lain mengangkat kedua tangan, menghadap kiblat, tempatnya bersih. Lebih baik lagi sebelum berdoa , lebih dahulu berwudu dan lain-lain  

Sebagaimana penelusuran RadarPena belum ditemukan dalil yang shahih dari Al-Q-Quran maupun dari Hadist-hadist Nabi Muhammad SAW mengenai anjuran membaca do,a pada awal tahun. Namun sebagian ulama menyandarkan dalil doa terhadap dalil doa secara umum yang ada dalam Al-quran. 

Teks doa yang sudah dipaparkan diatas, adalah doa yang dibacakan pada pergantian tahun Hijriah atau Penanggalan Islam. Hanya saja doa itu juga dapat dibaca pada penanggalan Masehi. Seperti yang kita tahu pergantian hari di tanggal Hijria terjadi saat waktu Magrib, sementara kalender Masehi pada pukul 12 malam.

Untuk doa awal tahun ini bisa dibaca saat sudah masuk tanggal 1 Januari, selain membaca doa kita juga bisa bahkan dianjurkan untuk  melakukan amal  lain seperti berzikir. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: