Bacakan Doa Ini Sebelum Berpergian, Insya Allah Diberi Perlindungan dan Keselamatan dalam Perjalanan

Bacakan Doa Ini Sebelum Berpergian, Insya Allah Diberi Perlindungan dan Keselamatan dalam Perjalanan

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Ajaran islam sangat mementingkan melakukan dan membaca doa sebelum memulai sesuatu. Melalui doa kita meminta langsung kepada sang Pencipta sesuai hajat yang diinginkan.

Dalam agama islam doa dianggap inti ibadah dan sebagai senjata. Doa merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW. 

Berikut Hadist yang menyebutkan doa sebagai inti ibadah sekaligus senjata orang beriman. 

Rasulullah bersabda, ''Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (Pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. HR Abu Ya'la). Doa juga merupakan otak atau inti ibadah. Rasulullah Bersabda," Doa itu adalah otaknya ibadah (HR Abu Dawud dan t-Tirmidzi).

Dengan menyebutkan doa sebagai senjata , jelas bagi kita kedudukan doa sangat penting. Bayangkan saat kita tengah berada di dalam hutan yang lebat, tanpa membawa senjata apapun, sedangkan hewan -hewan buas sudah menanti untuk  memangsa kita.

BACA JUGA:Kenali 7 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Tak itu saja doa juga disebut sebagai inti atau otaknya ibadah. Bayangkan jika manusia tidak memiliki otak. tTentu saja manusia itu tidak bisa berfikir, bodoh dan lemah. 

Hidup tanpa disertai dengan doa, sama saja dengan putus asa, dengan rahmat Allah dan menyangka , tidak ada peran tuhan dan kehidupan kita di dunia ini. 

Di dalam agama  islam doa banyak sekali jenis dan ragamnya tergantung kebutuhan dari yang berdoa. Ada doa sebelum makan, doa sebelum tidur, doa sebelum berpergian dan lain-lain.

Berikut doa sebelum berpergian versi 1

 اَلْحَمْدُ للهِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلبُونَ

Artinya :

Alhamdulillah subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun

Artinya Segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang menundukkan semua (kendaraan) bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kamilah akan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: