Doa Awal Tahun, Minta Perlindungan Allah SWT dan Diberikan Karunia yang Besar

Doa Awal Tahun, Minta Perlindungan Allah SWT dan Diberikan Karunia yang Besar

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Dalam Islam doa dianggap sebuah senjata. Kedudukan doa sangat penting. Bahkan dalam sebuah hadist lain Nabi Muhammad SAW mengatakan doa adalah inti ibadah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inti memiliki arti, pokok, sari pati, bagian yang utama. Jika seperti itu maksud kata inti betapa pentingnya sebuah doa. 

Sebuah doa juga diibaratkan sebagai senjata, yang fungsinya akan membuat orang menjadi lebih percaya diri menghadapi musuh. Lebih kuat dan perkasa dalam mengarungi kehidupan .

BACA JUGA:Tepat Malam Tahun Baru, Polri Catat 41 Ribu Kendaraan Keluar via GT Kalihurip Arah Bandung

Seperti sekarang ini kita telah memasuki tahun baru , tahun 2024 Masehi. Tahun baru yang penuh harapan. Sebuah harapan adalah hak manusia untuk  meminta. namun Pemberi harapan yang paling baik adalah Tuhan yang Maha Esa.

Melalui untaian doa- doa kita yang kita lantunkan saat memasuki tahun baru, kita menaruh harapan kepada Allah agar mengabulkannya

Doa Awal Tahun 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa'ala fadhilikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal Hadza 'amun jadidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fihi minas syaitani wa auliya'ih wa 'auna ala hadzihin nafsil ammarati bis su'i wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya : "Ya Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim dan Awal, Atas karuniaMu yang besar dan kemurahanMu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan, Tahun baru ini sudah tiba, Aku berlindung kepadaMu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat.

KepadaMu aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkan pada rahmatMu. Wahai tuhan pemilik Kebesaran dan Kemurahan.  

Lantas jika kita sudah mengetahui bacaan doa di awal tahun ini, sepertikah ulama memandang doa pada awal tahun. Kaum Muslimin sangat dianjurkan untuk  berdoa. Anjuran berdoa itu seperti tertuang dalam Al-Quran Surat Gafir ayat 60 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ

Artinya : "Dan Tuhanmu berfirman : Berdoalah kepadaKU, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-KU akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina-dina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: