Media Asing Soroti Penampilan Gibran saat Debat Cawapres, Begini Katanya

Media Asing Soroti Penampilan Gibran saat Debat Cawapres, Begini Katanya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dominasi dan kepiawaian Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Debat Cawapres 2024 yang berlangsung pada Jumat (22/12) malam mendapatkan sorotan dari media asing. 

Di lansir dari pemberitaan dari The Straits Times, Gibran yang masih berusia 36 tahun itu disorot lantaran berhadapan dengan dua politikus kawakan seperti Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Lebih lanjut menurut media asing tersebut, Gibran Rakabuming Raka berhasil tampil mengejutkan di sesi debat resmi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Penampilan yang tenang dari Gibran waktu berkesempatan tampil dengan penyampaian yang calm dan sesekali kerap melontarkan sindiran yang pedas, mendapatkan apresiasi dari The Straits Times.

BACA JUGA:

"Gibran Rakabuming Raka mengejutkan hadirin dengan penyampaiannya yang tenang, dibumbui dengan sarkasme yang pedas ketika ia berhadapan dengan tokoh-tokoh politik terkemuka seperti Menteri Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan politisi kawakan Muhaimin Iskandar," demikian bunyi laporan The Straits Times, dikutip Sabtu (23/12).

Gibran juga dinilai cukup menguasai materi dalam menyampaikan pandangan dan menangkis berbagai kritik yang ditujukan kepadanya.

Utamanya saat kandidat-kandidat lain turut mengkritisi proyek warisan terbesar ayahnya yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagaimana diketahui, pasangan Prabowo-Gibran dengan misi keberlanjutannya akan meneruskan program baik pemerintahan yang sudah ada dan menyempurnakannya.

Dalam kesempatan debat tersebut, Gibran Rakabuming sempat memuji pembangunan IKN sebagai sebuah simbol pemerataan pembangunan yang menurutnya bakal mendistribusikan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara merata.

"Ia memuji Nusantara (IKN), ibu kota pemerintahan baru yang saat ini sedang dibangun dari awal di Kalimantan Timur sebagai 'Simbol Kesetaraan' yang akan menciptakan lapangan kerja dan mendistribusikan pertumbuhan ekonomi secara lebih merata ke wilayah-wilayah di luar Pulau Jawa, tempat Jakarta berada," tulis The Straits Times.

Menanggapi proyek pembangunan IKN yang mendapatkan penolakan dari kandidat nomor urut satu, terutama saat diungkapkan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming menangkis dengan sedikit mengingatkan cawapres nomor urut satu itu bahwa jauh sebelum kontestasi ini dirinya sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng proyek pembangunan IKN.

Media asing yang lainnya, Al Jazeera juga turut berkomentar yang menyorot putra sulung Presiden Jokowi ini berhasil melenyapkan stigma tak berpengalaman dan nepotisme yang selama ini dilekatkan padanya.

“Saat calon wakil presiden (Gibran) tampil di panggung debat kedua yang disiarkan televisi pada hari Jumat, semua mata tertuju pada Gibran Rakabuming Raka yang mungkin merupakan calon wakil presiden paling kontroversial dalam sejarah Indonesia,” dikutip dari Al Jazeera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: