Indonesia Tertinggal, Ini Daftar 5 Negara yang Jalankan Program Makan Gratis untuk Anak

Indonesia Tertinggal, Ini Daftar 5 Negara yang Jalankan Program Makan Gratis untuk Anak

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rencana program makan gratis untuk anak-anak yang diwacanakan oleh pasangan presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat kampanye ternyata sudah diterapkan oleh negara lain.

Apakah ini pertanda Indonesia terlambat dalam menerapkan program Makan Gratis untuk anak-anak?

Mengutip pada keterangan dari GoodStats, setidaknya 65 negara sudah menerapkan program makan siang gartis, meskipun tidak semua negara menjalankan 100 persen dengan baik terkait program tersebut.

BACA JUGA:

World Food Programme (WFP) telah merilis laporan dari The State of School Feeding Worldwide pada tahun 2022 menunjukan bahwa negara-negara di dunia sangat mendukung terhadap pertumbuhan kembang anak-anak melalui penyediaan makanan bergizi dari sekolah-sekolah.

Dijelaskan juga lebih lanjut, pemberian makanan bergizi di sekolah-sekolah ini bisa dalam bentuk bantuang uang tunai ataupun paket makanan langsung seperti katering.

Berikut ini daftar 5 negara yang sudah menerapkan program makan gratis pada anak hingga besaran anggarannya:

1. Prancis

Perancis memiliki program makan siang dengan memberikan subsidi dan tidak semua negara bagian yang bisa merasakan program tersebut.

Dilaporkan dari 35.000 kota, pemerintah hanya memberikan kepada 50 kota yang mendapat bantuan makan siang gratis. Dan jumlah bantuannya tidak semua rata atau sama, tergantung pada pendapatan wilayahnya.

Per tahun anggaran yang dibutuhkan oleh pemerintah Perancis untuk menjalankan program makan gratis ini sebesar 1,5 miliar euro atau sekitar Rp25 triliun. 

2. Spanyol

Negara Spanyol memberikan program makan siang gratis ke anak-anak yang mengungsi di panti asuhan hingga penyandang disabilitas.

Melalui laporan Institut Penelitian Sosio - Ekonomi Luxembourg berjudul 'Makanan sekolah gratis untuk semua anak miskin di Eropa: Target penting dan terjangkau?' menjelaskan bahwa Spanyol memerlukan anggaran sekitar €502 juta atau sekitar Rp 8.5 triliun untuk menjalankan program makan siang gratis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: